(RPP)
Sekolah :
SD Negeri Kowel 3
Kelas /Semester : 2
/ 2 (dua )
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Subtema 1 : Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran ke- :
1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
|
3.5.1 Memprediksi
isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
|
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
4.5.2 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
|
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
|
3.2.1
Menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
|
4.2.1 Menunjukkan sikap melaksanakan
aturan di lingkungan rumah.
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.5
Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan seharihari di
lingkungan sekitar.
|
3.5.1 Menyebutkan
satuan waktu dengan satuan tidak baku.
|
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian,pembagian, waktu,panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa
kebenaran jawabnya..
|
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan waktu.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
|
3.2.1
Mengidentifikasi pola irama lagu bertanda birama tiga dengan alat musik
ritmis.
|
4.7 Menyanyikan lagu anakanak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
|
4.7.2 Menyanyikan lagu anakanak sederhana
dengan kata-kata yang bermakna.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar dan teks percakapan,
siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dengan bahasa yang santun.
2. Dengan kerja kelompok, siswa dapat menunjukkan
sikap melaksanakan aturan di lingkungan rumah dengan bertanggung
jawab.
3. Dengan mengamati gambar jam pasir, siswa dapat menyebutkan
satuan waktu dengan satuan tidak baku dengan bahasa yang santun.
4. Dengan menggunakan jam pasir, siswa dapat
memecahkan masalah yang berkaitan dengan waktu dengan tanggung jawab.
5. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat memprediksi
isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
6. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks permintaan
maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
7. Dengan mendengarkan bentuk pukulan alat musik
ritmis,siswa dapat mengidentifikasi pola irama lagu bertanda birama tiga
dengan teliti.
8. Dengan penugasan, siswa dapat menyanyikan lagu
anakanak sederhana dengan tanggung jawab.
Media/Alat
Bantu dan Sumber Belajar
1. Gambar kegiatan menggunakan jam pasir
2. Gambar dan teks percakapan Udin dan Siti
menjelaskan aturan keselamatan menggunakan benda
yang terbuat dari kaca di rumah.
3. Gambar Udin dan teman-teman bermain “Lari Pindah
Air”
4. Jam pasir.
5. Teks percakapan permintaan maaf.
6. Berbagai alat musik ritmis, misalnya: gendang,
tamborin, dan tifa.
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan ceramah.
D. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks
bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan
Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.