Free RPP Kelas 2 Tema 8 Kesalamatan di Rumah dan di Perjalanan



(RPP)

Sekolah                        :  SD Negeri  Kowel 3
Kelas /Semester           :  2  / 2 (dua )
Tema 8                         :  Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Subtema 1                    :  Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia  dan  Matematika  SBdP
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
          3.5.1 Memprediksi isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
            4.5.2 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
     3.2.1 Menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
4.2.1 Menunjukkan sikap melaksanakan aturan di lingkungan rumah.

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan seharihari di lingkungan sekitar.
    3.5.1 Menyebutkan satuan waktu dengan satuan tidak baku.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,pembagian, waktu,panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya..
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan waktu.



SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
     3.2.1 Mengidentifikasi pola irama lagu bertanda birama tiga dengan alat musik ritmis.
4.7 Menyanyikan lagu anakanak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna.
4.7.2 Menyanyikan lagu anakanak sederhana dengan kata-kata yang bermakna.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar dan teks percakapan, siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan bahasa yang santun.
2. Dengan kerja kelompok, siswa dapat menunjukkan sikap melaksanakan aturan di lingkungan rumah dengan bertanggung jawab.
3. Dengan mengamati gambar jam pasir, siswa dapat menyebutkan satuan waktu dengan satuan tidak baku dengan bahasa yang santun.
4. Dengan menggunakan jam pasir, siswa dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan waktu dengan tanggung jawab.
5. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat memprediksi isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
7. Dengan mendengarkan bentuk pukulan alat musik ritmis,siswa dapat mengidentifikasi pola irama lagu bertanda birama tiga dengan teliti.
8. Dengan penugasan, siswa dapat menyanyikan lagu anakanak sederhana dengan tanggung jawab.
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
1. Gambar kegiatan menggunakan jam pasir
2. Gambar dan teks percakapan Udin dan Siti menjelaskan aturan keselamatan menggunakan  benda yang terbuat dari kaca di rumah.
3. Gambar Udin dan teman-teman bermain “Lari Pindah Air”
4. Jam pasir.
5. Teks percakapan permintaan maaf.
6. Berbagai alat musik ritmis, misalnya: gendang, tamborin, dan tifa.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

D.  MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.