(RPP)
Sekolah :
SD Negeri Kowel 3
Kelas /Semester : 2
/ 2 (dua )
Tema 7 : Kebersamaan
Subtema 1 : Kebersamaan di Rumah
Pembelajaran ke- :
1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
|
3.8.1. Tulisan tegak
bersambung dalam cerita dengan
memperhatikan penggunaan huruf kapital
(awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik
pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
|
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri
|
4.7.1 Menuliskan
pengalaman yang berkaitan dengan keselamatan diri di rumah dengan tulisan
tegak bersambung menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat penuh
kejujuran
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.7
Menjelaskan pecahan
|
3.7.1. Membuat bangun datar yang menggambarkan pecahan
½, 1/3, dan ¼ kemudian mewarnai sesuai keinginan dan membentuknya menjadi benar
|
4.7
Menyajikan pecahan
|
4.7.1 Melakukan Pecahan 1/2,
1/3 , dan 1/4 menggunakan benda-benda
konkret.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana
melalui lagu anak-anak.
|
3.1.1 Memperagakan
pola irama tiga menirukan gerakan flora dan fauna dengan
|
4.2
Menampilkan pola irama
sederhana melalui lagu anakanak..
|
4.1.1 Mempraktikkan Pola
irama sederhana melalui lagu anak-anak
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan dongeng dan mengamati teks
bacaan, siswa dapat menyebutkan isi dongeng fabel dengan percaya diri.
2. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat memahami
isi dongeng dengan percaya diri.
3. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat mengetahui
isi dongeng dengan percaya diri.
4. Dengan memperhatikan gambar dan penjelasan guru,
siswa dapat menyebutkan pecahan dengan percaya diri.
5. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat
menuliskan pecahan secara cermat.
6. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat
menentukan pecahan secara cermat.
7. Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami
kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan
kuat lemah bunyi pada lagu dengan percaya diri.
Media/Alat
Bantu dan Sumber Belajar
• Buku Siswa SD/MI Kelas II Tema 7 “Kebersamaan”
• Gambar pecahan
• Tongkat kayu
• Kentungan
• Notasi lagu “Cicak”
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan ceramah.
D. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks
bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan
Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.