(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup
Bersih dan Sehat ( Tema 4)
Sub Tema : Hidup Bersih dan Sehat di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga
kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, dan visual.
|
3.4.1 Menjelaskan kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan
sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan sehat berdasarkan teks.
|
4.4
|
Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa
daerah hasil pengamatan tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak
sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia yang
berkaitan dengan lingkungan sehat .
|
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.4
|
Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam
keberagaman di rumah dan sekolah.
|
1.4.1 Mengikuti sikap sesuai dengan makna bersatu
dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
2.4
|
Menerima makna bersatu
dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
2.4.1 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
3.4
|
Memahami makna bersatu
dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
3.4.1 Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
4.4
|
Menceritakan pengalaman
bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
4.4.1 Melaporkan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam
keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.10
|
Menjelaskan bangun
datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
|
3.10.1 Mengidentifikasi bangun
datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
|
4.10
|
Mengklasifikasi bangun
datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
|
4.10.2 Mengkategorikan bangun
datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
|
C.
TUJUAN
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan
dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi
yang tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa
lisan (dapat dibantu menggunakan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman) secara tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman secara isi teks yang
telah dibaca secara benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana
tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang cara menjaga kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahasa
Indonesia yang tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu
dalam keberagaman di rumah secara benar.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat dari hidup tidak
bersatu dalam keberagaman di rumah secara benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat mensimulasikan tentang pengalaman
melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah secara benar.
- Dengan mengamati gambar atau benda-benda di sekitar, siswa dapat mengenal
sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar.
- 1Dengan mengamati gambar atau benda-benda di sekitar, siswa dapat
menentukan banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara tepat.
- Dengan berpedoman pada ciri bangun datar, siswa dapat mengelompokkan
benda di sekitar yang termasuk bangun datar secara benar.
D. MATERI
- Teks yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan
dan kesehatan pekarangan rumah.
- Manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di rumah.
- Latihan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan
banyak sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah