(RPP)
Sekolah :
Kelas /Semester : 2
/ 2 (dua )
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 1 : Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran ke- :
1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
|
3.6.1.Menulis dengan
tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital tentang langkah-langkah
koordinasi gerak kepala, tangan, kaki dalam gerak tari dan mempraktikkannya
dengan kerjasama dan disiplin.
|
4.6 Menyampaikan ungkapanungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
|
4.6.1 Membaca indah
puisi anak tentang permainan tradisional dan mengidentifikasi serta meragakan
gerak pemanasan yang dilakukan sebelum melaksanakan permainan tersebut secara
mandiri dan tanggung jawab
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuan baku,
yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan pengukuran
panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
3.2.1Melakukan Karya imajinatif dua dan tiga dimensi Dan Gerak keseharian dan alam
dalam tari
|
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
4.2.1 Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan,
dan kekuatan dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani dengan semangat
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan
memperhatikan pembacaan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks
percakapan yang berhubungan dengan budaya
minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia
dengan baik.
2.
Dengan
maju ke depan kelas, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun menggunakan kata
“maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3.
Dengan
mengamati gambar jam dinding, siswa
dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
4.
Dengan
mengamati berbagai gambar benda, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai
untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
5.
Dengan
diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama
sederhana berbirama dua dengan benar.
6.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menentukan panjang dan pendek bunyi pada pola
irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
7. Dengan mengamati teks lagu “Bunda Piara”, siswa dapat
memainkan pola irama sederhana untuk
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. teks tentang budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun
2. peta pikiran, mengenai satuan baku untuk mengukur panjang
3. teks, tentang pola irama
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan,
dan ceramah.