Free RPP Kelas 2 Tema Hidup Bersih dan Sehat Subtema HBS di Rumah Pembelajaran ke 4



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup  Bersih dan Sehat ( Tema 4)
Sub Tema                  :  Hidup Bersih dan Sehat di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.4 




Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks
4.4
Menyajikan      penggunaan      kosakata     bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan  tentang  lingkungan  sehat  dan lingkungan tidak sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia yang berkaitan dengan lingkungan sehat .


Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.10

Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
3.10.1  Mengidentifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
 4.10
Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

4.10.2 Mengkategorikan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.2 


Memahami pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
 3.2.1 Mengetahui pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
 4.2 


Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

4.2.1 Memainkan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol.

C.   TUJUAN
  1. Dengan mendengarkan contoh, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar.
  2. Melalui penugasan, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga secara benar.
  3. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu menggunakan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
  4. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat dengan bahasa tulis secara tepat.
  5. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
  6. Melalui penugasan, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
  7. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  8. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.
  9. Dengan mengamati gambar atau lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat dengan ejaan yang tepat.
  10. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
  11. Dengan mengamati gambar atau benda-benda di sekitar, siswa dapat mengenal sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar.
  12. Dengan mengamati bentuk bangun datar, siswa dapat menentukan banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar.
  13. Dengan berpedoman pada ciri bangun datar, siswa dapat mengelompokkan benda di sekitar yang termasuk bangun datar secara benar.

D.   MATERI
  1. Tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar.
  2. kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks
  3. latihan yang berhubungan dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar yang diisikan pada tabel.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/eGT1L

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.