(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Bersih dan Sehat ( Tema 4)
Sub Tema : Hidup Bersih dan Sehat di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga
kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, dan visual.
|
3.4.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, dan visual.
3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan sehat berdasarkan teks
|
4.4
|
Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa
daerah hasil pengamatan tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak
sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia yang
berkaitan dengan lingkungan sehat .
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.10
|
Menjelaskan bangun
datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
|
3.10.1 Mengidentifikasi bangun
datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
|
4.10
|
Mengklasifikasi bangun
datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
|
4.10.2 Mengkategorikan bangun
datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Memahami pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
3.2.1 Mengetahui pola irama
sederhana melalui lagu anak-anak.
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
4.2.1 Memainkan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak
menggunakan simbol.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mendengarkan contoh, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan
lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan
lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga secara benar.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat
dibantu menggunakan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman)
secara tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan
lingkungan tidak sehat dengan bahasa tulis secara tepat.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan
secara benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan
secara benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
lingkungan tidak sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca
secara benar.
- Dengan mengamati gambar atau lingkungan sekitar, siswa dapat
menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat
dengan ejaan yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
- Dengan mengamati gambar atau benda-benda di sekitar, siswa dapat
mengenal sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar.
- Dengan mengamati bentuk bangun datar, siswa dapat menentukan banyak
sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar.
- Dengan berpedoman pada ciri bangun datar, siswa dapat mengelompokkan
benda di sekitar yang termasuk bangun datar secara benar.
D. MATERI
- Tekanan kuat dan lemah pada lagu
berbirama dua atau tiga secara benar.
- kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks
- latihan yang berhubungan dengan banyak sisi, sudut,
dan titik sudut pada bangun datar yang diisikan pada tabel.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah