(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Bersih dan Sehat ( Tema 4)
Sub Tema : Hidup Bersih dan Sehat di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga
kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, dan visual.
|
3.4.1 Menjelaskan kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan
sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan tidak sehat berdasarkan teks.
|
4.4
|
Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa
daerah hasil pengamatan tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak
sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9
|
Menjelaskan ruas garis
dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
|
3.9.1 Menyebutkan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun
datar dan bangun ruang.
|
4.9
|
Mengidentifikasi ruas
garis dengan menggunakan bangun datar
dan bangun ruang.
|
4.9.1 Menunjukkan ruas garis yang membatasi model
bangun datar dengan tepat.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Memahami pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
3.2.1 Mengetahui pola irama
sederhana melalui lagu anak-anak.
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
4.2.1 Memainkan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak
menggunakan simbol.
|
C. TUJUAN
- Dengan
mendengarkan contoh, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada
lagu berbirama dua atau tiga secara benar.
- Melalui
penugasan, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada
lagu anak berbirama dua atau tiga secara tepat.
- Melalui
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan
dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu
menggunakan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) yang santun.
- Melalui
penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan
tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
- Melalui
diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara tepat.
- Dengan
mengisi teka-teki silang, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan
secara benar.
- Melalui
penugasan, siswa dapat membaca teks
pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
- Melalui
penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan
tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca tepat.
- Melalui
penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang
lingkungan tidak sehat dengan ejaan yang tepat.
- Melalui
penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang
lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
- Melalui
mengamati gambar dan benda di sekitar, siswa dapat menentukan ruas garis
yang membatasi model bangun datar dengan benar.
- Dengan
mengamati gambar dan benda di sekitar, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun
datar secara benar.
D. MATERI
- Tekanan kuat dan lemah pada lagu.
- latihan yang berhubungan dengan ruas garis pada bangun datar
- kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
- Mengamati gambar yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang tidak
sehat.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah