Free RPP Kelas 2 Tema Hidup Bersih dan Sehat Subtema HBS di Rumah Pembelajaran ke 3



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup  Bersih dan Sehat ( Tema 4)
Sub Tema                  :  Hidup Bersih dan Sehat di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.4 




Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.1  Menjelaskan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks.
4.4
Menyajikan      penggunaan      kosakata     bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan  tentang  lingkungan  sehat  dan lingkungan tidak sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks.


Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.9

Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang

3.9.1 Menyebutkan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.
 4.9
Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan  bangun datar dan bangun ruang.
4.9.1 Menunjukkan ruas garis yang membatasi model bangun datar dengan tepat.

Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.2 


Memahami pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
 3.2.1 Mengetahui pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
 4.2 


Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

4.2.1 Memainkan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol.

C.   TUJUAN
  1. Dengan mendengarkan contoh, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar.
  2. Melalui penugasan, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga secara tepat.
  3. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu menggunakan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) yang santun.
  4. Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
  5. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara tepat.
  6. Dengan mengisi teka-teki silang, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar.
  7. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  8. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca tepat.
  9. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat dengan ejaan yang tepat.
  10. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
  11. Melalui mengamati gambar dan benda di sekitar, siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar dengan benar.
  12. Dengan mengamati gambar dan benda di sekitar, siswa dapat mengidentifikasi  ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar.

D.   MATERI
  1. Tekanan kuat dan lemah pada lagu.
  2. latihan yang berhubungan dengan ruas garis pada bangun datar
  3. kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
  4. Mengamati gambar yang berhubungan dengan lingkungan rumah yang tidak sehat.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/G4djD

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.