RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun
|
3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang
santun
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan makna bilangan
cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret serta cara membacanya
|
3.1.1 Memahami makna bilangan cacah.
3.1.2 Menyebutkan kumpulan
objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
|
4.1
|
Membaca dan menyajikan
bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret
|
1.1.1 Membaca lambang bilangan sampai dengan 999
dengan tepat.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
3.2.1 Mengetahui panjang pendek bunyi pada lagu anak
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
4.2.1 menampilkan panjang pendek
bunyi pada lagu anak dengan tepat.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang
terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan
yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan
999 dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
D. MATERI
- Teks bacaan yang di dalamnya terdapat kalimat
ungkapan.
- Cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang
terdapat pada Buku Siswa.
- Menyanyikan lagu
Peramah dan Sopan.
- Berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan
gambar alat peraga kubus.
- Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai 999.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah