Free RPP Kelas 2 Tema Hidup Rukun Subtema Hidup Rukun di Rumah Pembelajaran ke 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1  




Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1  
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.1

Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

3.1.1 Memahami makna bilangan cacah.

3.1.2 Menyebutkan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
 4.1  
Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
1.1.1       Membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.


Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.2 
 
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
 3.2.1 Mengetahui panjang pendek bunyi pada lagu anak
 4.2 

Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2.1 menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

C.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
  2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
  3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
  5. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
  6. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.


D.   MATERI
  1. Teks bacaan yang di dalamnya terdapat kalimat ungkapan.
  2. Cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
  3. Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
  4. Berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus.
  5. Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai 999.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/5yMNj

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.