RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun
|
3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang
santun
|
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila
|
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
|
3.1.1 Menjelaskan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.1.1 melakukan gerak dasar
berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan gambar perisai burung
Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada
Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan gambar contoh penerapan
sila pertama Pancasila, siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama
Pancasila dengan benar.
- Dengan
diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada gambar,
siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila
dengan benar.
- Dengan diberikan teks percakapan yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan
dan artinya dengan tepat.
- Dengan
diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks
percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada
Pancasila dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan,
siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana
dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan,
siswa dapat melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana
dengan benar.
D. MATERI
- Gambar perisai burung Garuda
- Simbol-simbol pancasila.
- Pengamatan gambar-gambar keluarga yang beribadah
sesuai dengan agamanya masing-masing.
- Gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana.
- Melakukan permainan
menirukan hewan berjalan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah