RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 LEBAK PENIANGAN
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 7 : Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1 : Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks
deskrip-tif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau te-man dalam bahasa
In-donesia lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah
untuk memban-tu pemahaman
4.1 Mengamati dan
meni-rukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indo-nesia lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator ;
¡ Mengidentifikasi benda berdasarkan teks deskriptif yang
dibaca.
¡ Menceritakan kembali isi teks deskriptif yang dibaca
tentang benda hidup dan benda tak hidup.
¡ Membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak
hidup.
¡ Memberikan tanggapan tentang pengelompokkan benda hidup dan
benda tak hidup.
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator ;
¡ Menjelaskan tata tertib dalam pengelompokkan benda.
¡ Berdiskusi mengenai tata tertib pengelompokkan benda.
¡ Menuliskan tata tertib pengelompokkan benda.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan
kem-bali dengan kalimat sendiri dan memecah-kan masalah yang ber-kaitan dengan
penjum-lahan dan pengurang-an terkait dengan aktivitas sehari-hari serta
memeriksa kebenarannya
Indikator ;
¡ Mengurutkan bilangan 61-80.
¡ Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
¡ Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu
kelompok.
¡ Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam
satu kelompok.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah mengamati contoh, siswa dapat membaca teks
deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup dengan lancar.
¡ Setelah membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan
sesuai isi bacaan.
¡ Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi benda
hidup dan benda tak hidup dengan benar.
¡ Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat
mengelompokkan benda hidup dan tak hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan aturan
pengelompokan benda dengan benar.
¡ Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan tata tertib
pengelompokan benda dengan benar.
¡ Setelah berdiskusi, siswa dapat menuliskan aturan
pengelompokan benda dengan benar.
¡ Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat
mengurutkan bilangan 61 sampai 80 dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak
anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan nama bilangan
yang menunjukkan banyak anggota benda dalam kelompok dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan lambang
bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan
benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Klasifikasi Benda Hidup dan Benda Tak Hidup
¡ Aturan Pengelompokan Benda
¡ Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61-80
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah