Free RPP Kelas I Tema Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :   SDN 01 LEBAK PENIANGAN
Kelas / Semester          :   I (Satu) / 2
Tema 7                            :   Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1                   :   Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran                :   1
Alokasi Waktu               :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal teks deskrip-tif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau te-man dalam bahasa In-donesia lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah untuk memban-tu pemahaman
4.1       Mengamati dan meni-rukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indo-nesia lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator ;
¡  Mengidentifikasi benda berdasarkan teks deskriptif yang dibaca.
¡  Menceritakan kembali isi teks deskriptif yang dibaca tentang benda hidup dan benda tak hidup.
¡  Membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup.
¡  Memberikan tanggapan tentang pengelompokkan benda hidup dan benda tak hidup. 

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2       Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2       Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator ;
¡  Menjelaskan tata tertib dalam pengelompokkan benda.
¡  Berdiskusi mengenai tata tertib pengelompokkan benda.
¡  Menuliskan tata tertib pengelompokkan benda.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.2       Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3       Mengemukakan kem-bali dengan kalimat sendiri dan memecah-kan masalah yang ber-kaitan dengan penjum-lahan dan pengurang-an terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
Indikator ;
¡  Mengurutkan bilangan 61-80.
¡  Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
¡  Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
¡  Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok. 

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup dengan lancar.
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan.
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi benda hidup dan benda tak hidup dengan benar.
¡  Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda hidup dan tak hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
¡  Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan tata tertib pengelompokan benda dengan benar.
¡  Setelah berdiskusi, siswa dapat menuliskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
¡  Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mengurutkan bilangan 61 sampai 80 dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan nama bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam kelompok dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan lambang bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Klasifikasi Benda Hidup dan Benda Tak Hidup
¡  Aturan Pengelompokan Benda
¡  Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61-80

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

http://1safe.link/TzvT5

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.