(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 LEBAK PENIANGAN
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 6 : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1 : Lingkungan
Rumahku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal teks
petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan keseha-tan dan
kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman de-ngan bahasa Indonesia lisan
dan tulisan yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa dae-rah untuk membantu
pemahaman
4.4 Menyampaikan teks
cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa Indonesia
lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
Indikator :
¡ Menjelaskan
dua keadaan yang berbeda dari suatu gambar
¡ Menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri
¡ Menyimak
dan menceritakan kembali pendapat teman
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata
tertib di rumah dan di sekolah
Indikator :
¡ Menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah
¡ Mempraktikkan
cara membersihkan dan merapikan rumah dan
kamar tidur
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal lambang
bilangan dan mendes-kripsikan kemunculan bilangan dengan baha-sa yang sederhana
3.2 Mengenal bilangan
asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain
3.4 Menunjukkan
pemaha-man tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah
bila-ngan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, seko-lah, atau tempat bermain
¡ Membilang
41-60
¡ Menulis
lambang bilangan 41-60
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah
mengamati gambar, siswa dapat membedakan keadaan rumah yang bersih dan rapi dan
rumah yang tidak bersih dan tidak rapi.
¡ Setelah
mengamati gambar, siswa dapat menceritakan keadaan rumahnya.
¡ Setelah
menyimak cerita temannya, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang
didengarnya.
¡ Setelah
bermain peran, siswa dapat menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah dengan
benar.
¡ Setelah
bermain peran, siswa dapat mempraktikkan cara merapikan rumah dengan benar
sesuai kemampuannya.
¡ Setelah
menghitung bersama guru, siswa dapat membilang 41–60 dengan benar.
¡ Setelah
mengenal lambang bilangan 41–60, siswa dapat menulis lambang bilangan 41-60
dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Menceritakan
tentang Kebersihan Rumah
¡ Mengenal
Nama Bilangan dan Lambang Bilangan 41 Sampai 60
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah