Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu :
1 hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
1.2.1
Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2.2.1
Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1 Menggali
informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.1 Mempraktekan
hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9 Merinci
kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah.
|
3.9.1 Mengidentifikasi
kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
|
4.9
Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
lisan dan tulisan
|
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan
perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
|
Muatan: SBDP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2 Mengenal
elemen musik melalui lagu
|
3.2.1
Mengidentifikasi elemen
musik melalui lagu
|
4.2
Menirukan elemen musik
melalui lagu
|
4.2 Mempraktekan
elemen musik
melalui lagu
|
C.
TUJUAN
- Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
menyebut nama panggilan.
- Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat
mendengar perbedaan warna suara teman.
- Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat
menyebut nama teman dengan benar.
- Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan,
siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara
masing-masing teman.
- Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan
informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam
pada orang tua saat ke luar rumah.
D. MATERI
- Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat
menjadi bentuk bola.
- Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa
bernyanyi atau permainan memperkenalkan diri, lirik lagu “Siapa Namamu”
- Buku Siswa.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah