Free RPP Kelas I Tema Diriku Subtema Aku dan Teman Baru Pembelajaran ke 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan      :
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke        :  1
Alokasi waktu             :  1 hari


A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PPKn
Kompetensi
Indikator
1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.2.1  Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2  Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2.1  Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1  Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1  Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah

Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
Indikator
3.9  Merinci kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.9.1  Mengidentifikasi kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9  Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
4.9.1  Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat



Muatan: SBDP
Kompetensi
Indikator
3.2  Mengenal elemen musik melalui lagu
3.2.1  Mengidentifikasi elemen musik melalui lagu
4.2  Menirukan elemen musik
melalui lagu
4.2  Mempraktekan elemen musik
melalui lagu


C.   TUJUAN
  • Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
  • Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
  • Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
  • Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
  • Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.

D.   MATERI
  • Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
  • Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi atau permainan memperkenalkan diri,  lirik lagu “Siapa Namamu”
  • Buku Siswa.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/zl2H8


Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.