( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema
1)
Sub Tema : Aku dan Teman
Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa
Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9 Merinci
kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah.
|
3.9.1 Mengidentifikasi
kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
|
4.9
Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
lisan dan tulisan
|
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan
diri lisan atau tulis dengan tepat
|
Muatan : PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan
prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
4.1
Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan
atau tradisional
|
4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan
satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
|
C. TUJUAN
·
Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan
lurus ke satu arah dengan tepat.
·
Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.
·
Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah
permainan.
·
Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan
panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.
D. MATERI
·
Berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
·
Permainan ”cerita teman” dapat melatih kerjasama dengan teman dan dapat
mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman
kepada teman yang lain.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
For Full Files Download Here