(RPP)
Sekolah :
Kelas /Semester : 2
/ 2 (dua )
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 1 : Hewan di Sekitarku
Pembelajaran ke- :
1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika SBdP
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Mencermati tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari,nama orang) serta
mengenal tanda
titik pada kalimat berita dan
tanda tanya pada kalimat tanya.
|
3.7.1. Tulisan tegak
bersambung dalam cerita dengan
memperhatikan penggunaan huruf kapital
(awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik
pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya
|
4.7 Menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar.
|
4.71Membaca Kosakata
dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
di lingkungan sekitar
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
|
3.6.1.Membandingkan
dan mengukur jarak dua tempat terhadap tempat tertentu dengan alat ukur meter
dan berbagai alat ukur kemudian menyajikan dalam bentuk lisan dengan teliti
dan jujur
|
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam
satuan baku,
yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari.
|
4.6.1 Melakukan pengukuran
panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
3.2.1Melakukan Karya imajinatif dua dan tiga dimensi Dan Gerak keseharian dan alam
dalam tari
|
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak.
|
4.2.1 Mempraktikkan gerak tari keseharian untuk melatih kelenturan,
dan kekuatan dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani dengan semangat
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menyanyikan lagu
anak, siswa mampu membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu.
2. Dengan menyanyikan lagu
anak, siswa mampu menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
3. Dengan membaca teks
tentang hewan di sekitarku, siswa mampu mengidentifikasi penggunaan huruf
kapital pada awal kalimat.
4. Dengan menyalin jawaban,
siswa mampu menulis teks dengan huruf tegak bersambung sesuai aturan penulisan
yang tepat.
5. Dengan mengamati gambar
alat timbangan, siswa dapat menyebutkan satuan baku untuk ukuran berat (gram,
ons, dan kilogram)
6. Dengan menimbang berat
berbagai benda, siswa dapat mengukur berat benda dengan satuan gram, ons, dan
kilogram.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
• gambar berbagai timbangan
• alat timbangan pasar atau timbangan kue
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan ceramah.
E. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Teks
bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan
Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.