RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2)
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Rumah
( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Menjelaskan perkalian dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
3.4.1 Menunjukkan kalimat
matematika yang berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan
cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.4
|
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian
yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
4.4.1 Mempraktikkan perkalian dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dalam
ehidupan sehari-hari.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Menguraikan kosakata dan
konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan.
|
3.2.1
Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk
dan wujudnya dalam bentuk teks pendek.
|
4.2
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.2.1 Menguraikan penggunaan kosakata bahasa indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang keberagaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bentuk teks pendek.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
3.2.1 Memahami panjang pendek nada pada lagu anak-anak.
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
4.2.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan memperhatikan
panjang pendek nada pada lagu.
|
C. TUJUAN
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan
benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada
lagu dengan benar.
- Dengan mendengarkan guru membaca teks
“Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang
dibacakan dengan tepat.
- Dengan menggunakan teks “Bermain Perahu
Kertas”, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman
benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru,
siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian
dengan benar.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menyatakan
perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100
dengan tepat.
D. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul “ Bermain Perahu
Kertas”.
- Teks lagu yang berjudul “ Berdayu”.
- penjelasan tentang panjang pendek nada pada
lagu.
- konsep perkalian dua bilangan dan contoh penyelesaian perkalian dua
bilangan.
- Soal-soal perkalian.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah