Free RPP Kelas 2 Tema Bermain di Lingkunganku Subtema Bermain di Lingkungan Rumah ke 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.4  




Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

3.4.1 Menunjukkan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian.

3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
4.4  
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4.1 Mempraktikkan perkalian dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dalam ehidupan sehari-hari.


Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks pendek.

 4.2 
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

4.2.1 Menguraikan penggunaan kosakata bahasa indonesia  yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keberagaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks pendek.

Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.2 



Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.2.1 Memahami panjang pendek nada pada lagu anak-anak.
 4.2 



Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

4.2.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan memperhatikan panjang pendek nada pada lagu.


C.   TUJUAN
  1. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
  2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.
  3. Dengan mendengarkan guru membaca teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.
  4. Dengan menggunakan teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  5. Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.
  6. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
  7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat.

D.   MATERI
  1. Teks bacaan yang berjudul “ Bermain Perahu Kertas”.
  2. Teks lagu yang berjudul “ Berdayu”.
  3. penjelasan tentang panjang pendek nada pada lagu.
  4. konsep perkalian dua bilangan dan contoh penyelesaian perkalian dua bilangan.
  5. Soal-soal perkalian.


E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/df5mF

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.