RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.1.2 Menunjukkan perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat dan kelima
Pancasila.
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar
pada lambang negara
dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
|
3.3.1 Memahami kalimat atematika yang
berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.
|
4.3
|
Menyelesaikan masalah
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
|
4.3.1 Melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara pendek dengan
benar.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.
|
3.1.1 Menjelaskan isi teks
yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan bahasa yang santun.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila
keempat Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila
kelima Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di
sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di
sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menyebutkan makna kalimat perintah yang terdapat di dalam teks
cerita atau lagu yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menggunakan kalimat peritah yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret,
siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah
tentang pengurangan dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret,
siswa dapat melakukan pengurangan
dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan
tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret ,
siswa dapat melakukan pengurangan
dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan
tepat.
D. MATERI
- Teks lagu syair lagu “Sebelum Kita Makan”.
- Soal cerita mengenai pengurangan.
- Gambar-gambar yang di dalamnnya terdapat kalimat
perintah.
- Contoh kegiatan penerapan sila keempat Pancasila.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah