Free RPP Kelas 2 Tema Hidup Rukun Subtema Hidup Rukun di Sekolah Pembelajaran ke 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.1

Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1 Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.1.2  Menunjukkan perilaku di sekolah  yang sesuai dengan sila keempat dan kelima Pancasila.
3.1  
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
 4.1  
Menjelaskan hubungan gambar
pada lambang negara dengan 
sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.3

Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
3.3.1 Memahami kalimat atematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.

 4.3 
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.3.1 Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara pendek dengan benar.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1  



Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.
3.1.1 Menjelaskan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
4.1  
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan bahasa yang santun.


C.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di sekolah dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di sekolah dengan benar.
  5. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan makna kalimat perintah yang terdapat di dalam teks cerita atau lagu yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
  6. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menggunakan kalimat peritah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
  7. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pengurangan dengan tepat.
  8. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan  dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
  9. Dengan diberikan kumpulan benda konkret , siswa dapat melakukan pengurangan  dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.

D.   MATERI
  1. Teks lagu syair lagu “Sebelum Kita Makan”.
  2. Soal cerita mengenai pengurangan.
  3. Gambar-gambar yang di dalamnnya terdapat kalimat perintah.
  4. Contoh kegiatan penerapan sila keempat Pancasila.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/MhKy4

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.