Free RPP Kelas 2 Tema Bermain di Lingkunganku Subtema Bermain di Lingkungan Rumah ke 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PJOK
No
Kompetensi
Indikator
3.2 




Memahami variasi gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.2.1 Mengetahui variasi gerakan memutar badan tanpa berpindah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 
Mempraktikkan variasi gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


4.2.1 Melakukan variasi gerakan memutar badan tanpa berpindah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk Pengamatan.

 4.2 
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.


4.2.1 Menguraikan  penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahsa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya.
4.2.2 Mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda.

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.2


Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
 1.2.1 Mengidentifikasi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di
sekolah.

2.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2
Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

3.2.1 Menunjukkan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2



Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di
sekolah.

4.2.1 Menjelaskan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

C.   TUJUAN
  1. Dengan mendengarkan teman membaca teks “Bermain Simpai”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
  2. Dengan mendengarkan teman membaca teks “Bermain Simpai”, siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan benar.
  3. Dengan mengamati gambar “Bermain Simpai”, siswa dapat menjelaskan prosedur variasi gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat dengan benar.
  4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak memutar badan tanpa berpindah dengan benar.
  5. Dengan membaca teks percakapan antara Beni, Tiur, dan Ibu, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  6. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
  7. Dengan menggunakan simpai, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar.
  8. Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya dengan benar.

D.   MATERI
  1. Teks bacaan yang berjudul “ Bermain simpai”.
  2. Variasi gerak memutar badan tanpa memutar.
  3. Keragaman benda di lingkungan tempat tinggal.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/YGhdf

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.