RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2)
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Rumah
( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Memahami variasi gerak dasar non lokomotor
sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.2.1 Mengetahui variasi gerakan memutar badan
tanpa berpindah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.2
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar non lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
4.2.1 Melakukan variasi gerakan memutar badan
tanpa berpindah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Menguraikan kosakata dan
konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan.
|
3.2.1
Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk
dan wujudnya dalam bentuk Pengamatan.
|
4.2
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.2.1 Menguraikan penggunaan
kosakata bahasa indonesia atau bahsa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda di lingkungan sekitar
berdasarkan bentuknya.
4.2.2 Mencatat isi teks pendek yang berkaitan
dengan keragaman benda.
|
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
|
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang
dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
1.2.1 Mengidentifikasi sikap
patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
2.2
|
Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan
tata tertib yang berlaku di
sekolah.
|
2.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib
yang berlaku di sekolah.
|
3.2
|
Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang
berlaku di sekolah.
|
3.2.1 Menunjukkan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
|
4.2
|
Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata
tertib yang berlaku di
sekolah.
|
4.2.1 Menjelaskan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang
berlaku di sekolah.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mendengarkan teman membaca teks
“Bermain Simpai”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan
dengan benar.
- Dengan mendengarkan teman membaca teks
“Bermain Simpai”, siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan
dengan keragaman benda di sekitar dengan benar.
- Dengan mengamati gambar “Bermain Simpai”,
siswa dapat menjelaskan prosedur variasi gerakan memutar badan tanpa
berpindah tempat dengan benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
mempraktikkan variasi gerak memutar badan tanpa berpindah dengan benar.
- Dengan membaca teks percakapan antara Beni,
Tiur, dan Ibu, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
- Dengan menggunakan teks percakapan, siswa
dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan
benar.
- Dengan menggunakan simpai, siswa dapat
melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan
sekitar dengan benar.
- Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat
mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya
dengan benar.
D. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul “ Bermain simpai”.
- Variasi gerak memutar badan tanpa memutar.
- Keragaman benda di lingkungan tempat
tinggal.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah