(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2))
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Rumah
( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Menjelaskan perkalian dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
3.4.1 Menunjukkan kalimat
matematika yang berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan
cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.4
|
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian
yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
4.4.1 Mempraktikkan perkalian dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dalam
ehidupan sehari-hari.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Menguraikan kosakata dan
konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan.
|
3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
3.2.1 Mengidentifikasi kosakata yang berkaitan
dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya.
|
4.2
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.2.1 Menuliskan hasil pengamatan
sederhana tentang keragaman benda di lingkungan Dengan penggunaan kosakata bahasa indonesia yang tepat.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
3.2.1 Memahami tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga.
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
4.2.1 Menyanyikan lagu anak-anak anak
berbirama dua atau tiga dengan tekanan
kuat dan lemah.
|
C. TUJUAN
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga
dengan benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua
atau tiga dengan benar.
- Dengan membaca teks “Benda-benda di Sekitar
Kita”, siswa dapat menemukan
kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya
dengan benar.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan
makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya
dengan tepat.
- Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat menuliskan hasil peng-amatan
sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang
tepat.
- Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru,
siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah
tentang perkalian dengan benar.
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat
menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan
benar.
- Dengan
menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang,
siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah
sampai 100 dengan benar.
D. MATERI
- Penjelasan tentang tekanan kuat dan lemah
pada lagu anak berirama dua atau tiga.
- Teks bacaan yang berjudul “ B enda-benda di Sekitar Kita”.
- konsep perkalian dua bilangan dan contoh penyelesaian perkalian dua
bilangan.
- Soal-soal perkalian.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah