Free RPP Kelas 2 Tema Bermain di Lingkunganku Subtema Bermain di Lingkungan Rumah ke 3



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2))
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.4  




Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

3.4.1 Menunjukkan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
4.4  
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4.1 Mempraktikkan perkalian dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dalam ehidupan sehari-hari.


Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.


3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.2.1 Mengidentifikasi kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya.
 4.2 
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.2.1 Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan Dengan penggunaan kosakata bahasa indonesia  yang tepat.

Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.2 

 
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

3.2.1 Memahami tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga.
 4.2 



Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

4.2.1 Menyanyikan lagu anak-anak anak berbirama dua atau tiga dengan tekanan kuat dan lemah.

C.   TUJUAN
  1. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga dengan benar.
  2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga dengan benar.
  3. Dengan membaca teks “Benda-benda di Sekitar Kita”,  siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya dengan benar.
  4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya dengan tepat.
  5. Dengan melakukan pengamatan,  siswa dapat menuliskan hasil peng-amatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat.
  6. Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
  7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
  8. Dengan  menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan benar.

D.   MATERI
  1. Penjelasan tentang tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berirama dua atau tiga.
  2. Teks bacaan yang berjudul “ B enda-benda di Sekitar Kita”.
  3. konsep perkalian dua bilangan dan contoh penyelesaian perkalian dua bilangan.
  4. Soal-soal perkalian.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/n16Iz

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.