(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2)
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Rumah
( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Menjelaskan perkalian dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
3.4.1 Menunjukkan kalimat
matematika yang berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.4
|
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian
yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
4.4.1 Mempraktikkan perkalian dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Menguraikan kosakata dan
konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan.
|
3.2.1
Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk
dan wujudnya dalam bentuk teks pendek.
|
4.2
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.2.1 Menguraikan penggunaan kosakata bahasa indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang keberagaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bentuk teks pendek.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
3.2.1 Memahami panjang pendek nada pada lagu anak-anak.
3.2.1 Mengetahui tekanan kuat dan lemah pada
lagu berbirama dua atau tiga
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
4.2.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan memperhatikan
panjang pendek nada pada lagu dan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak
berirama dua atau tiga.
|
C.
TUJUAN
- Dengan penjelasan guru, siswa dapat
membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol
dengan benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga dengan
tepat.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
memainkan/menyuarakan panjang dan pendek nada pada lagu anak dengan benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua
atau tiga.
- Dengan bekerja kelompok, siswa dapat
melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan
sekitar dengan benar.
- Dengan mendengarkan teman membaca teks
percakapan, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan
dengan keragaman benda di sekitar dengan rinci.
- Dengan mendengarkan teman membaca teks
percakapan, siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan
keragaman benda dengan rinci.
- Dengan mengamati contoh yang dijelaskan
guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan
masalah tentang perkalian dengan benar.
- Dengan mengamati contoh yang dijelaskan
guru, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan
berulang dengan benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100
dengan tepat.
D. MATERI
- Penjelasan tentang panjang
dan pendek bunyi pada lagu anak.
- Penjelasan tentang cara
menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berirama dua atau tiga.
- Teks percakapan antara ibu dan Beni tentang
sifat-sifat benda cair.
- Contoh penyelesaian
soal perkalian dan Soal-soal perkalian.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah