Free RPP Kelas 2 Tema Bermain di Lingkunganku Subtema Bermain di Lingkungan Rumah ke 4



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.4  




Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

3.4.1 Menunjukkan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
4.4  
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4.1 Mempraktikkan perkalian dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dalam kehidupan sehari-hari.


Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks pendek.

 4.2 
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

4.2.1 Menguraikan penggunaan kosakata bahasa indonesia  yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keberagaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks pendek.


Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.2 



 
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.


3.2.1 Memahami panjang pendek nada pada lagu anak-anak.

3.2.1 Mengetahui tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga
 4.2 



Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

4.2.1 Menyanyikan lagu anak-anak dengan memperhatikan panjang pendek nada pada lagu dan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berirama dua atau tiga.

C.   TUJUAN
  1. Dengan penjelasan guru, siswa dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
  2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga dengan tepat.
  3. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan panjang dan pendek nada pada lagu anak dengan benar.
  4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga.
  5. Dengan bekerja kelompok, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar.
  6. Dengan mendengarkan teman membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan rinci.
  7. Dengan mendengarkan teman membaca teks percakapan, siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan rinci.
  8. Dengan mengamati contoh yang dijelaskan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
  9. Dengan mengamati contoh yang dijelaskan guru, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
  10. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat.  

D.   MATERI
  1. Penjelasan tentang panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
  2. Penjelasan tentang cara menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berirama dua atau tiga.
  3. Teks percakapan antara ibu dan Beni tentang sifat-sifat benda cair.
  4. Contoh penyelesaian soal perkalian dan Soal-soal perkalian.


E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/JWITJ

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.