Free RPP Kelas 2 Tema Bermain di Lingkunganku Subtema Bermain di Lingkungan Rumah ke 6



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2))
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.4  




Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

3.4.1 Menunjukkan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
4.4  
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4.1 Mempraktikkan perkalian dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
 4.2 
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

4.2.1 Menguraikan penggunaan kosakata bahasa indonesia  yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keberagaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks pendek.

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.2




Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

 1.2.1 Mengidentifikasi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di
sekolah.

2.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2
Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

3.2.1 Menunjukkan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2



Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di
sekolah.

4.2.1 Menjelaskan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

C.   TUJUAN
  1. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.
  2. Dengan permainan kosakata, siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.
  3. Dengan melakukan pengamatan sederhana, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
  4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  5. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar.
  6. Dengan mengetahui manfaat dan akibat tidak mengikuti aturan, siswa dapat membiasakan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
  7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
  8. Dengan bantuan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan tepat.
  9. Dengan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan benar.

D.   MATERI
  1. Contoh-contoh penyelesaian masalah perkalian.
  2. Teks lagu “Belajar Perkalian”.
  3. Teks bacaan tentang “Wujud Benda”Gambar “Beni dan Edo Bermain Pistol Air”
  4. Latihan berupa permainan kosakata.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


https://drive.google.com/open?id=1oxzN8MHRFldSQUpPcMnDEEXJMv_X0C4t

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.