(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2))
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Rumah
( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Menjelaskan perkalian dan pembagian yang
melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
3.4.1 Menunjukkan kalimat
matematika yang berkaitan dengan perkalian.
3.4.2 Mengidentifikasi perkalian dua bilangan yang melibatkan bilangan
cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.4
|
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian
yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali
sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
|
4.4.1 Mempraktikkan perkalian dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Menguraikan kosakata dan
konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan.
|
3.2.1
Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk
dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
4.2
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.2.1 Menguraikan penggunaan kosakata bahasa indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang keberagaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bentuk teks pendek.
|
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
|
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang
dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
1.2.1 Mengidentifikasi sikap
patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
2.2
|
Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan
tata tertib yang berlaku di
sekolah.
|
2.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib
yang berlaku di sekolah.
|
3.2
|
Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang
berlaku di sekolah.
|
3.2.1 Menunjukkan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
|
4.2
|
Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata
tertib yang berlaku di
sekolah.
|
4.2.1 Menjelaskan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang
berlaku di sekolah.
|
C.
TUJUAN
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan
makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.
- Dengan permainan kosakata, siswa dapat
menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.
- Dengan melakukan pengamatan sederhana, siswa
dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di
lingkungan sekitar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan
manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan
akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar.
- Dengan mengetahui manfaat dan akibat tidak
mengikuti aturan, siswa dapat membiasakan kegiatan sesuai aturan yang
berlaku di rumah dengan benar.
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang
perkalian dengan benar.
- Dengan bantuan lagu “Belajar Perkalian”,
siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang
dengan tepat.
- Dengan lagu “Belajar Perkalian”, siswa dapat
menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100
dengan benar.
D. MATERI
- Contoh-contoh penyelesaian masalah perkalian.
- Teks lagu “Belajar Perkalian”.
- Teks bacaan tentang “Wujud Benda”Gambar “Beni dan
Edo Bermain Pistol Air”
- Latihan berupa permainan kosakata.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah