Free RPP Kelas 2 Tema Bermain di Lingkunganku Subtema Bermain di Lingkungan Rumah ke 5



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Bermain di Lingkunganku (Tema 2)
Sub Tema                  :  Bermain di Lingkungan Rumah ( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PJOK
No
Kompetensi
Indikator
3.2 




Memahami variasi gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.2.1 Mengetahui variasi gerakan memutar badan tanpa berpindah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 
Mempraktikkan variasi gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


4.2.1 Melakukan variasi gerakan memutar badan tanpa berpindah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2

Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
 4.2 
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.2.1 Menguraikan  penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahsa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya.

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.2




Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
1.2.1 Mengidentifikasi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di
sekolah.

2.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2
Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

3.2.1 Menunjukkan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2



Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di
sekolah.

4.2.1 Menjelaskan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

C.   TUJUAN
  1. Dengan melakukan pengamatan tentang sifat-sifat benda, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana dengan benar.
  2. Dengan mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
  3. Dengan mengamati guru mendemonstrasikan permainan “Kepala Pundak Lutut Kaki”, siswa dapat menjelaskan prosedur variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan benar.
  4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat benar.
  5. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  6. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  7. Dengan berdiskusi bersama orang tua di rumah, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.

D.   MATERI
  1. Teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”.
  2. Teks bacaan yang berjudul teks “Meniup Balon”.
  3. Cara bermain lutut pundak kaki.
  4. Macam-macam aturan yang ada di rumah.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/GcsWB

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.