(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Bermain di Lingkunganku
(Tema 2)
Sub Tema : Bermain di Lingkungan Rumah
( Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Memahami variasi gerak dasar non lokomotor
sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.2.1 Mengetahui variasi gerakan memutar badan
tanpa berpindah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.2
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar non lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
4.2.1 Melakukan variasi gerakan memutar badan
tanpa berpindah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Menguraikan kosakata dan
konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa
Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan.
|
3.2.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang
keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau
bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
|
4.2
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat
atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.2.1 Menguraikan penggunaan
kosakata bahasa indonesia atau bahsa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda di lingkungan sekitar
berdasarkan bentuknya.
|
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
|
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang
dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
1.2.1 Mengidentifikasi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah.
|
2.2
|
Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan
tata tertib yang berlaku di
sekolah.
|
2.2.1 Mengikuti aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib
yang berlaku di sekolah.
|
3.2
|
Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang
berlaku di sekolah.
|
3.2.1 Menunjukkan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
|
4.2
|
Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata
tertib yang berlaku di
sekolah.
|
4.2.1 Menjelaskan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang
berlaku di sekolah.
|
C.
TUJUAN
- Dengan melakukan pengamatan tentang
sifat-sifat benda, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana
dengan benar.
- Dengan mendengarkan guru membaca teks
“Meniup Balon”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan
dengan benar.
- Dengan mengamati guru mendemonstrasikan
permainan “Kepala Pundak Lutut Kaki”, siswa dapat menjelaskan prosedur
variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan benar.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat
mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat benar.
- Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat
mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan benar.
- Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat
mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dengan benar.
- Dengan berdiskusi bersama orang tua di
rumah, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di
rumah dengan benar.
D. MATERI
- Teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”.
- Teks bacaan yang berjudul teks “Meniup Balon”.
- Cara bermain lutut pundak
kaki.
- Macam-macam aturan yang
ada di rumah.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah