(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Tugasku Sehari- hari
(Tema 3)
Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5
|
Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata
uang.
|
3.5.1 Menyebutkan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
3.5.2 Mengidentifikasi
berbagai macam pecahan mata uang.
|
4.5
|
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan
berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
|
4.5.1 Mengurutkan pecahan mata uang.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menentukan kosakata dan
konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1 Menjelaskan kosakata dan konsep yang
berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar.
|
4.3
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan
geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1 Mempresentasikan
penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
3.2.1 Memahami
panjang pendek dan kuat lemah bunyi melalui lagu anak-anak.
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
4.2.1 Menyanyikan lagu
dengan menggunakan panjang pendek dan kuat lemah bunyi.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati denah rumah dan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan
isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan percaya
diri.
- Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat memahami isi teks bacaan
tentang lingkungan geografis di rumah dengan jujur.
- Dengan bimbingan guru,
siswa dapat membaca
teks tentang lingkungan
geografis di rumah dengan percaya diri.
- Dengan memperhatikan gambar dan penjelasan guru, siswa dapat
menyebutkan berbagai pecahan uang dengan percaya diri.
- Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat membandingkan pecahan uang secara
cermat.
- Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengurutkan pecahan uang secara cermat.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami panjang pendek bunyi dengan simbol secara cermat.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami kuat lemah bunyi pada
lagu secara cermat.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan panjang pendek bunyi
dengan percaya diri.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan kuat lemah bunyi pada
lagu dengan percaya diri.
D. MATERI
- Pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan pemahaman tentang lingkungan
geografis.
- Mengenal pecahan nilai mata uang.
- Soal latiha tentang
pecahan nilai mata uang.
- Rangkaian bunyi pada lagu.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah