Free RPP Kelas 2 Tema Tugasku Sehari-hari Subtema Tugas di Rumah Rumah ke 1



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :  SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Tugasku Sehari- hari (Tema 3)
Sub Tema                  :  Tugasku Sehari-hari di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.5 




Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

3.5.1   Menyebutkan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

3.5.2   Mengidentifikasi berbagai macam        pecahan mata uang.
4.5  
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
4.5.1   Mengurutkan pecahan mata uang.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.3

Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1    Menjelaskan kosakata dan konsep yang berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di lingkungan sekitar.

 4.3  
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.3.1  Mempresentasikan penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan tentang lingkungan geografis.

Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.2 
 
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.2.1  Memahami panjang pendek dan kuat lemah bunyi melalui lagu anak-anak.
 4.2 



Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

4.2.1  Menyanyikan lagu dengan menggunakan panjang pendek dan kuat lemah bunyi.

C.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati denah rumah dan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
  2. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat memahami isi teks bacaan tentang lingkungan geografis di rumah dengan jujur.
  3. Dengan  bimbingan  guru,  siswa  dapat  membaca  teks  tentang lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
  4. Dengan memperhatikan gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan berbagai pecahan uang dengan percaya diri.
  5. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat membandingkan pecahan uang secara cermat.
  6. Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengurutkan pecahan  uang secara cermat.
  7. Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami panjang pendek  bunyi dengan simbol secara cermat.
  8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat memahami kuat lemah bunyi pada lagu secara cermat.
  9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan panjang pendek bunyi dengan percaya diri.
  10. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan kuat lemah bunyi pada lagu dengan percaya diri.

D.   MATERI
  1. Pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan pemahaman tentang lingkungan geografis.
  2. Mengenal pecahan nilai mata uang.
  3. Soal latiha tentang pecahan nilai mata uang.
  4. Rangkaian bunyi pada lagu.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/BOzTE

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.