(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Bersih dan Sehat ( Tema 4)
Sub Tema : Hidup Bersih dan Sehat di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga
kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, dan visual.
|
3.4.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, dan visual.
3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan sehat berdasarkan teks.
|
4.4
|
Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa
daerah hasil pengamatan tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak
sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia yang
berkaitan dengan lingkungan sehat .
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.9
|
Menjelaskan ruas garis
dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
|
3.9.1 Menyebutkan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun
datar dan bangun ruang.
|
4.9
|
Mengidentifikasi ruas
garis dengan menggunakan bangun datar
dan bangun ruang.
|
4.9.1 Menunjukkan ruas garis yang membatasi model
bangun datar dengan tepat.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Memahami pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
3.2.1 Mengetahui pola irama
sederhana melalui lagu anak-anak.
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
4.2.1 Memainkan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak
menggunakan simbol.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat membedakan panjang
dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
- Dengan menirukan contoh dari guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan
panjang dan pendek bunyi pada lagu anak secara benar.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan
lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat.
- Melalui bermain tebak kata, siswa dapat menemukan kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara
benar.
- Melalui permainan tebak kata, siswa dapat menjelaskan makna kosakata
yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan
secara benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara
rinci.
- Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang
tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan sehat secara menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
- Dengan mengamati gambar, siswa
dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar secara
benar.
- Dengan penugasan, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun
datar secara tepat.
D. MATERI
- Arahan tentang cara bernyanyi yang baik sesuai
dengan panjang dan pendeknya nada.
- Cara membaca sesuai dengan lafal dan intonasi.
- Pemahaman tentang tentang ruas garis pada bangun
datar.
- Soal-soal tentang tentang ruas garis pada bangun
datar.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah