Free RPP Kelas 2 Tema Hidup Bersih dan Sehat Subtema HBS di Rumah Pembelajaran ke 2


(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup  Bersih dan Sehat ( Tema 4)
Sub Tema                  :  Hidup Bersih dan Sehat di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.4 




Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks.
4.4
Menyajikan      penggunaan      kosakata     bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan  tentang  lingkungan  sehat  dan lingkungan tidak sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia yang berkaitan dengan lingkungan sehat .


Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.4

Menerima  sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

1.4.1 Mengikuti sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
2.4
Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
2.4.1 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
3.4
Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

3.4.1 Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
 4.4
Menceritakan pengalaman bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

4.4.1 Melaporkan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun

Muatan : PJOK
No
Kompetensi
Indikator
 3.4



 
Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
 3.4.1 Mengetahui prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
 4.4 



Mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4.1 Melakukan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

C.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di rumah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman secara tepat.
  2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar.
  3. Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun.
  4. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  5. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu menggunakan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
  6. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar.
  7. Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
  8. Dengan berpedoman pada hasil laporan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
  9. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan prosedur bergerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara benar.
  10. Melalui penugasan, siswa dapat mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara benar.

D.   MATERI
  1. Identifikasi kegiatan di rumah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman dan sikap- sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah.
  2. Penguatan dan motivasi terhadap hasil kerja siswa dalam membuat laporan sederhana.
  3. Teks bacaan yang berjudul “Halaman Rumah Dayu Indah dan Asri”.
  4. Prosedur bergerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/4wlqN

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.