(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Bersih dan Sehat ( Tema 4)
Sub Tema : Hidup Bersih dan Sehat di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga
kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, dan visual.
|
3.4.1 Menjelaskan kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis,
lisan, dan visual.
3.4.2 Mengidetifikasi kosakata yang berkaitan dengan
lingkungan sehat berdasarkan teks.
|
4.4
|
Menyajikan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa
daerah hasil pengamatan tentang lingkungan
sehat dan lingkungan tidak
sehat di
lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan
lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.4.1 Melaporkan hasil pengamatan kosakata bahasa indonesia yang
berkaitan dengan lingkungan sehat .
|
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.4
|
Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam
keberagaman di rumah dan sekolah.
|
1.4.1 Mengikuti sikap sesuai dengan makna bersatu
dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
2.4
|
Menerima makna bersatu
dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
2.4.1 Memahami makna bersatu dalam
keberagaman di rumah dan sekolah.
|
3.4
|
Memahami makna bersatu
dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
3.4.1 Menjelaskan makna
bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
4.4
|
Menceritakan pengalaman
bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
|
4.4.1 Melaporkan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam
keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun
|
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Memahami prosedur bergerak secara seimbang,
lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.4.1 Mengetahui prosedur
bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.4
|
Mempraktikkan prosedur bergerak secara
seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.4.1 Melakukan gerak secara seimbang dominan statis
dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai
kegiatan di rumah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman secara
tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud
persatuan dalam keberagaman di rumah secara benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman
melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa
yang santun.
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan
lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca
berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu
menggunakan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara
benar.
- Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang
tepat.
- Dengan berpedoman pada hasil laporan, siswa dapat melaporkan hasil
pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia
yang tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan prosedur bergerak secara
seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat mempraktikkan gerak secara seimbang
dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui
permainan sederhana dan atau tradisional secara benar.
D. MATERI
- Identifikasi kegiatan di rumah
yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman dan sikap- sikap agar
terwujud persatuan dalam keberagaman di rumah.
- Penguatan dan motivasi terhadap hasil kerja siswa
dalam membuat laporan sederhana.
- Teks bacaan yang berjudul “Halaman Rumah Dayu Indah
dan Asri”.
- Prosedur bergerak secara
seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah