(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Tugasku Sehari- hari
(Tema 3)
Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5
|
Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata
uang.
|
3.5.1 Menyebutkan
nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
3.5.2 Mengidentifikasi
nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga.
|
4.5
|
Mengurutkan nilai mata uang serta
mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
|
4.5.1 Mengurutkan
nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menentukan kosakata dan
konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1 Menjelaskan kosakata dan konsep yang
berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar.
|
4.3
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang
lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan
sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1 Mempresentasikan
penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
|
3.2.1 Memahami panjang pendek dan kuat lemah
bunyi melalui lagu anak-anak
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
4.2.1 Memainkan suara birama
tiga.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga yang
disajikan, siswa mampu memahami isi teks lingkungan geografis di rumah.
- Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga yang
disajikan, siswa menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis
di rumah.
- Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga yang
disajikan, siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan
geografis di rumah.
- Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga dan teks
yang disajikan, siswa dapat menentukan nilai pecahan uang yang sesuai
dengan daftar harga.
- Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga dan teks
yang disajikan, siswa dapat mengurutkan daftar harga.
- Dengan mengamati teks dan kegiatan berkumpul bersama keluarga yang
disajikan, siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi.
- Dengan mengamati teks dan kegiatan berkumpul bersama keluarga yang
disajikan, siswa mampu memainkan suara birama tiga.
D. MATERI
- Macam-macam kondisi
lingkungan geografis suatu daerah.
- Menyanyikan lagu “desaku” dengan birama tiga.
- Mengamati gambar harga barang, disesuaikan dengan pecahan uang yang
sesuai.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah