Free RPP Kelas 2 Tema Tugasku Sehari-hari Subtema Tugas di Rumah Rumah ke 6



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :  SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Tugasku Sehari- hari (Tema 3)
Sub Tema                  :  Tugasku Sehari-hari di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.5 




Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

3.5.1   Menyebutkan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
3.5.2   Mengidentifikasi nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga.
4.5  
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
4.5.1   Mengurutkan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga.


Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.3

Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1  Menjelaskan kosakata dan konsep yang berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di lingkungan sekitar.

 4.3  
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.3.1  Mempresentasikan penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan tentang lingkungan geografis.

Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.2 

 
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.2.1 Memahami panjang pendek dan kuat lemah bunyi melalui lagu anak-anak
 4.2 

Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2.1  Memainkan suara birama tiga.

C.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks lingkungan geografis di rumah.
  2. Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga yang disajikan, siswa menemukan kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah.
  3. Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga yang disajikan, siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah.
  4. Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga dan teks yang disajikan, siswa dapat menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga.
  5. Dengan mengamati gambar kegiatan berkumpul bersama keluarga dan teks yang disajikan, siswa dapat mengurutkan daftar harga.
  6. Dengan mengamati teks dan kegiatan berkumpul bersama keluarga yang disajikan, siswa mampu memahami panjang dan pendek bunyi.
  7. Dengan mengamati teks dan kegiatan berkumpul bersama keluarga yang disajikan, siswa mampu memainkan suara birama tiga.

D.   MATERI
  1. Macam-macam kondisi lingkungan geografis suatu daerah.
  2. Menyanyikan lagu “desaku” dengan birama tiga.
  3. Mengamati gambar harga barang, disesuaikan dengan pecahan uang yang sesuai.


E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/YgWZw

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.