RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar
pada lambang negara
dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.
|
3.1.1 Menjelaskan isi teks
yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan bahasa yang santun.
|
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan prosedur
gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau
tradisional.
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1 Mempraktikkan gerakan berlari
ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana
dan atau tradisional.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh
guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah
sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat
mempraktikkan gerak berlari ke
berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita atau lagu yang berisi perintah
yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan
benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat menyebutkan kembali perintah dalam teks cerita yang
disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun
di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai
sila pertama Pancasila benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun
di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai sila kedua Pancasila dengan
benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun
di sekolah, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila
pertama Pancasila di sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun
di sekolah, siswa dapat menceritakan tenang pengalaman menerapkan sila
kedua Pancasila di sekolah dengan benar.
D. MATERI
- Penjelasan tentang gerakan gerakan berlari ke berbagai arah sesuai
dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
- Teks
cerita tentang hidup rukun.
- Gambar tentang hidup rukun di sekolah.
- Simbol-simbol sila pancasila.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah