Free RPP Kelas 2 Tema Hidup Rukun Subtema Hidup Rukun di Sekolah Pembelajaran ke 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.1

Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1  
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
 4.1  
Menjelaskan hubungan gambar
pada lambang negara dengan 
sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1  


Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.
3.1.1 Menjelaskan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun
4.1  
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan bahasa yang santun.

Muatan : PJOK
No
Kompetensi
Indikator
 3.1 



 
Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional.
 4.1 



Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Mempraktikkan gerakan berlari ke berbagai arah  sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional.

C.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
  2. Dengan diberikan contoh  gerakan berlari oleh guru, siswa dapat mempraktikkan gerak berlari  ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita atau lagu yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali perintah dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
  5. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai sila pertama Pancasila benar.
  6. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah  yang sesuai sila kedua Pancasila dengan benar.
  7. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama Pancasila di sekolah dengan benar.
  8. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menceritakan tenang pengalaman menerapkan sila kedua Pancasila di sekolah dengan benar.

D.   MATERI
  1. Penjelasan tentang gerakan gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
  2. Teks cerita tentang hidup rukun.
  3. Gambar tentang hidup rukun di sekolah.
  4. Simbol-simbol sila pancasila.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/BQk34

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.