Free RPP Kelas 2 Tema Hidup Rukun Subtema Hidup Rukun di Sekolah Pembelajaran ke 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1  



Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.
3.1.1 Menjelaskan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
4.1  
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan bahasa yang santun.


Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.3

Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
3.3.1 Memahami kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.

 4.3 
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.3.1 Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara pendek dengan benar.


Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.1



Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi


3.1.1 Menjelaskan ciri-ciri karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.1.2 Mengkategorikan alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
 4.1



Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi

4.1.1 Mengetahui cara menggunakan alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1.2 Menggambar Imajinatif  dua dan tiga dimensi berdasarkan pengalaman atau benda yang di lihat.

C.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menemukan makna perintah yang terdapat dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
  2. Dengan diberikan gambar, siswa dapat melatih menuliskan kalimat perintah yang sesuai dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pengurangan dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan  dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
  5. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan  dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
  6. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat  menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan pengurangan dengan benar.
  7. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
  8. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang ada di sekitar.

D.   MATERI
  1. Gambar yang menceritakan kebersamaan para siswa dalam mengerjakan tugas piket
  2. Contoh-contoh soal pengurangan.
  3. Contoh-contoh gambar imajinatif.
  4. Membuat gambar imajinatif dengan membuat sketsa terlebih dahulu dan yang akan dibuat adalah gambar bunga dan daun.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/p6KrG


Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.