RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.
|
3.1.1 Menjelaskan isi teks
yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan bahasa yang santun.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
|
3.3.1 Memahami kalimat matematika yang
berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.
|
4.3
|
Menyelesaikan masalah
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
|
4.3.1 Melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara pendek dengan
benar.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
|
3.1.1 Menjelaskan ciri-ciri karya
gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.1.2 Mengkategorikan alat dan
bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
|
4.1
|
Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
|
4.1.1 Mengetahui cara menggunakan
alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1.2 Menggambar Imajinatif dua
dan tiga dimensi berdasarkan pengalaman atau benda yang di lihat.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat
menemukan makna perintah yang terdapat dalam teks percakapan yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun.
- Dengan diberikan gambar, siswa dapat melatih menuliskan kalimat
perintah yang sesuai dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pengurangan
dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan
pengurangan dua bilangan dengan
teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan
pengurangan dua bilangan dengan
teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari berkaitan dengan pengurangan dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifkasi
langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat menggambar
imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang ada di sekitar.
D. MATERI
- Gambar yang menceritakan kebersamaan para siswa
dalam mengerjakan tugas piket
- Contoh-contoh soal pengurangan.
- Contoh-contoh gambar imajinatif.
- Membuat gambar imajinatif dengan membuat sketsa
terlebih dahulu dan yang akan dibuat adalah gambar bunga dan daun.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

