RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.
|
3.1.1 Menjelaskan isi teks
yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan bahasa yang santun.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
|
3.3.1 Memahami kalimat matematika yang
berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.
|
4.3
|
Menyelesaikan masalah
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
|
4.3.1 melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara pendek dengan
benar.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
|
3.1.1 Menjelaskan ciri-ciri karya
gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.1.2 Mengkategorikan alat dan
bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
|
4.1
|
Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
|
4.1.1 Mengetahui cara menggunakan
alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1.2 Menggambar Imajinatif dua
dan tiga dimensi berdasarkan pengalaman atau benda yang di lihat.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
- Dengan diberikan kalimat perintah yang
rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat perintah dengan kata yang tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif,
siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan
tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif,
siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan
tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif,
siswa dapat mengidentifikasi cara
menggunakan alat dan bahan menggambar imajinatif dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif,
siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan
tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif,
siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang
dilihatnya.
- Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang
penjumlahan dengan benar.
- Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat
melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara
panjang dengan benar.
- Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat
melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara
pendek dengan benar.
D. MATERI
- Teks percakapan tentang kerukunan hidup.
- Contoh-contoh kalimat rumpang.
- Teks bacaan yang di dalamnya terdapat kalimat perintah.
- Contoh-contoh gambar imajinatif.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah