Free RPP Kelas 2 Tema Hidup Rukun Subtema Hidup Rukun di Tempat Bermain Pembelajaran ke 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Tempat Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR


Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.1

Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1  
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
 4.1  
Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1  




Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

3.1.1 Menjelaskan kalimat ajakan yang terdapat dalam tekscerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1  
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 Memperagakan kalimat ajakan dengan bahsa yang santun.


Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.2

Membandingkan dua bilangan cacah.


3.2.1 Menjelaskan perbandingan yang terdapat pada dua bilangan cacah.
3.2.2 Menyebutkan dua bilangan cacah dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat
 4.2 
Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.


4.2.1 Mengerti urutan bilangan-bilangan.
4.2.2 Menyebutkan bilangan cacah dari bilangan yang terkecil ke bilangan  yang terbesar.

C.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks lagu, siswa dapat menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat di dalam teks lagu dengan benar.
  2. Dengan  diberikan teks lagu, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan dalam teks lagu dengan ejaan yang benar.
  3. Dengan diberikan simbol sila Pancasila, siswa dapat menuliskan rumusan sila  Pancasila dengan benar.
  4. Dengan diberikan gambar penerapan sila keempat dan kelima, siswa dapat memasang gambar yang sesuai dengan sila keempat dan kelima Pancasila dengan benar.
  5. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di tempat bermain dengan benar.
  6. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di tempat bermain dengan benar.
  7. Dengan diberikan kumpulan bilangan tiga angka, siswa dapat mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.
  8. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar dan sebaliknya.

D.   MATERI
  1. Teks lagu yang berjudul” lagu Wajib Belajar”.
  2. Penjelasan tengtang simbol-simbol sila pancasila.
  3. Gambar penerapan sila keempat dan kelima.
  4. Teks tentang hidup rukun.
  5. Kumpulan bilangan tiga angka.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/wuYhB

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.