RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Tempat
Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan
sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun.
|
3.1.1 Menjelaskan kalimat ajakan yang terdapat dalam tekscerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Memperagakan kalimat ajakan dengan bahsa yang santun.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Membandingkan dua
bilangan cacah.
|
3.2.1 Menjelaskan perbandingan yang terdapat pada dua bilangan cacah.
3.2.2 Menyebutkan dua bilangan cacah dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat
|
4.2
|
Mengurutkan
bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau
sebaliknya.
|
4.2.1 Mengerti urutan bilangan-bilangan.
4.2.2 Menyebutkan bilangan cacah dari bilangan yang terkecil ke
bilangan yang terbesar.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks lagu, siswa dapat
menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat di dalam teks lagu dengan benar.
- Dengan
diberikan teks lagu, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan dalam
teks lagu dengan ejaan yang benar.
- Dengan diberikan simbol sila Pancasila,
siswa dapat menuliskan rumusan sila
Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan gambar penerapan sila
keempat dan kelima, siswa dapat memasang gambar yang sesuai dengan sila
keempat dan kelima Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di
tempat bermain dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di
tempat bermain dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan bilangan tiga
angka, siswa dapat mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang
terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret,
siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar dan
sebaliknya.
D. MATERI
- Teks lagu yang berjudul” lagu Wajib Belajar”.
- Penjelasan tengtang simbol-simbol sila pancasila.
- Gambar penerapan sila keempat dan kelima.
- Teks tentang hidup rukun.
- Kumpulan bilangan tiga angka.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah