RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Tempat
Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan
sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau agu yang menggambarkan sikap hidup rukun
.
|
3.1.1 Menjelaskan kalimat ajakan yang terdapat dalam tekscerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
|
4.1.1 Memperagakan kalimat ajakan dengan bahsa yang santun.
|
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan prosedur
gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau
tradisional.
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1 Mempraktikkan gerakan berlari
ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana
dan atau tradisional.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menuliskan kalimat yang berkaitan dengan sikap hidup rukun
dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup
rukun, siswa dapat menggunakan
kalimat ajakan dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks tentang sikap hidup
rukun, siswa dapat menunjukkan perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila
dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gerakan dari guru,
siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai
dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan contoh dari guru, siswa
dapat mempraktikkan gerak berlari
ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.
D. MATERI
- Kalimat ajakan yang berkaitan dengan cerita hidup
rukun.
- kekompakan yang harus dijaga di dalam menari.
- Pengamalan sila ketiga Pancasila di tempat bermain.
- Perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di
tempat bermain.
- permainan berlari berpasangan dengan rintangan dan aturan
permainannya.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah