RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun.
|
3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
|
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita
atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan makna bilangan
cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret serta cara membacanya.
|
3.1.1 Memahami makna bilangan cacah.
3.1.2 Menyebutkan kumpulan
objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
|
4.1
|
Membaca dan menyajikan
bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret.
|
4.1.1 membaca lambang bilangan
sampai dengan 999 dengan tepat.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak .
|
3.2.1 Mengetahui panjang pendek bunyi pada
lagu anak
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak.
|
4.2.1 Menampilkan panjang pendek
bunyi pada lagu anak dengan tepat
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan
tersebut dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan
hidup rukun, siswa dapat menuliskan kembali ungkapan tersebut dalam
kalimat dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu
dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu
dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi pada lagu
dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat
menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan
objek.
D. MATERI
- Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan, kemudian
mengamati syair lagu tersebut dan mencari kata-kata di dalam syair lagu
yang mempunyai arti sama dengan ungkapan yang ditentukan.
- Mengamati Kuat lemahnya bunyi berhubungan dengan
irama
- Kumpulan kubus.
- Bilangan tiga angka dari sekumpulan benda yang
sesuai, contoh pada Buku Siswa.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah