RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun.
|
3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
|
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang
santun.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan makna bilangan
cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret serta cara membacanya .
|
3.1.1 Memahami makna bilangan cacah.
3.1.2 Menyebutkan kumpulan
objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
|
4.1
|
Membaca dan menyajikan
bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret.
|
4.1.1 Membaca lambang bilangan
sampai dengan 999 dengan tepat.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
3.2.1 Mengetahui panjang pendek bunyi pada lagu anak
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
4.2.1 menampilkan panjang pendek bunyi
pada lagu anak dengan tepat.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan berkaitan
dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan
ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks percakapan berkaitan
dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menirukan
ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan gambar kubus satuan, siswa
dapat menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.
- Dengan diberikan nama bilangan tiga angka,
siswa dapat menuliskan lambang bilangan tiga angka dengan benar, dan
sebaliknya.
- Dengan diberikan teks percakapan yang
rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat percakapan yang mengandung lambang
bilangan tiga angka.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan kuat lemah bunyi pada lagu anak
dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu
anak dengan benar.
D. MATERI
- Teks percakapan yang mengandung hidup rukun.
- Nama-nama bilangan tiga ngka.
- Teks percakapan rumpang.
- lagu anak Peramah dan Sopan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

