RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun
|
3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1
Mempraktikkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam
cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai
sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan gerak
dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.1.1 melakukan gerak dasar
berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila yang
sesuai dengan cerita tersebut.
- Dengan
diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat
menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan
bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan
dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan makna
ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
- Dengan diberikan kalimat yang mengandung
ungkapan, siswa dapat menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat
yang santun.
- Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar
lokomotor, siswa dapat menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.
- Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar
lokomotor, siswa dapat memperagakan gerakan tersebut dengan benar.
D. MATERI
- Teks cerita yang berkaitan
dengan hirup rukun
- kalimat-kalimat yang
berisi ungkapan.
- Pengertian gerak dasar
lokomotor dan contoh-contoh gerakannya.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah