RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Tempat
Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Membandingkan dua
bilangan cacah.
|
3.2.1 Menjelaskan perbandingan yang terdapat pada dua bilangan cacah.
3.2.2 Menyebutkan dua bilangan cacah dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat
|
4.2
|
Mengurutkan bilangan-bilangan
dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.
|
4.2.1 Mengerti urutan bilangan-bilangan.
4.2.2 Menyebutkan bilangan cacah dari bilangan yang terkecil ke
bilangan yang terbesar.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam tekscerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
3.1.1 Menjelaskan kalimat ajakan yang terdapat dalam tekscerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
|
4.1.1 Memperagakan kalimat ajakan dengan bahsa yang santun.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
|
3.3.1 Mengidentifikasi gerak
koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar.
|
4.3
|
Meragakan gerak keseharian
dan alam dalam tari
|
4.3.1 Melakukan
gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberi contoh gerakan oleh guru,
siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan
dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan oleh guru,
siswa melakukan gerak koordinasi
kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu tentang hidup
rukun, siswa dapat menemukan kalimat ajakan yang terdapat dalam teks lagu yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu tentang hidup
rukun, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan yang terdapat pada teks lagu
yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
- Dengan diberikan gambar kumpulan benda
konkret, siswa dapat membandingkan banyaknya dua kumpulan benda.
- Dengan diberikan gambar kumpulan benda
konkret, siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang
terbesar dan sebaliknya.
D. MATERI
- Cerita mengenai perayaan Hari Kemerdekaan di sebuah
RT yang akan dimeriahkan dengan malam kesenian.
- Teks lagu tentang hidup rukun.
- Memperagakan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan
kaki.
- Gambar kumpulan benda.
- Teks lagu “Gembira Berkumpul”.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah