Free RPP Kelas 2 Tema Hidup Rukun Subtema Hidup Rukun di Tempat Bermain Pembelajaran ke 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Tempat Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.2

Membandingkan dua bilangan cacah.


3.2.1 Menjelaskan perbandingan yang terdapat pada dua bilangan cacah.
3.2.2 Menyebutkan dua bilangan cacah dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat
 4.2 
Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.


4.2.1 Mengerti urutan bilangan-bilangan.
4.2.2 Menyebutkan bilangan cacah dari bilangan yang terkecil ke bilangan  yang terbesar.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1  




Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam tekscerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.

3.1.1 Menjelaskan kalimat ajakan yang terdapat dalam tekscerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1  
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
4.1.1 Memperagakan kalimat ajakan dengan bahsa yang santun.

Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.3

Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari

3.3.1 Mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar.
 4.3



Meragakan gerak keseharian
dan alam dalam tari


4.3.1 Melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.

C.   TUJUAN
  1. Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak  kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
  2. Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa  melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks lagu tentang hidup rukun, siswa dapat menemukan kalimat ajakan  yang terdapat dalam teks lagu yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks lagu tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan yang terdapat pada teks lagu yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
  5. Dengan diberikan gambar kumpulan benda konkret, siswa dapat membandingkan banyaknya dua kumpulan benda.
  6. Dengan diberikan gambar kumpulan benda konkret, siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar dan sebaliknya.

D.   MATERI
  1. Cerita mengenai perayaan Hari Kemerdekaan di sebuah RT yang akan dimeriahkan dengan malam kesenian.
  2. Teks lagu tentang hidup rukun.
  3. Memperagakan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki.
  4. Gambar kumpulan benda.
  5. Teks lagu “Gembira Berkumpul”.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                        : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/9UZfi

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.