RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
|
3.3.1 Memahami kalimat atematika yang
berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.
|
4.3
|
Menyelesaikan masalah
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
|
4.3.1 Melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan cara pendek dengan
benar.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.
|
3.1.1 Menjelaskan isi teks
yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan bahasa yang santun.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
|
3.1.1 Menjelaskan ciri-ciri karya
gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.1.2 Mengkategorikan alat dan
bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
|
4.1
|
Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
|
4.1.1 Mengetahui cara menggunakan
alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1.2 Menggambar Imajinatif dua
dan tiga dimensi berdasarkan pengalaman atau benda yang di lihat.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan, siswa
dapat menemukan kalimat
perintah yang terdapat dalam
teks tersebut dengan benar.
- Dengan diberikan teks pendek, siswa dapat
menuliskan kalimat perintah yang diucapkan oleh pemimpin upacara.
- Dengan diberikan teks pendek, siswa dapat
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang
penjumlahan dengan tepat.
- Dengan diberikan soal cerita, siswa dapat
menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan
penjumlahan dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif,
siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah mewarnai menggambar imajinatif
dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif,
siswa dapat mewarnai gambar imajinatif dengan alat yang tepat..
D. MATERI
- Teks percakapan yang di dalamnya terdapat kalimat
perintah.
- Teks pendek yang berisi kalimat-kalimat perintah
yang di ucapkan oleh pemimpin upacara,
- Soal matematika yang berbentuk cerita.
- Contoh-contoh gambar imajinatif.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

