RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.2 Menunjukkan perilaku di sekolah
yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang enggambarkan sikap hidup rukun.
|
3.1.1 Menjelaskan isi teks
yang berisi kalimat perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Menyebutkan kalimat perintah yang terdapat dalam teks dengan
bahasa yang santun.
|
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan prosedur
gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau
tradisional.
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.1 Mempraktikkan gerakan berlari
ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana
dan atau tradisional.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun,
siswa dapat menunjukkan perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di
sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat menyebutkan kalimat perintah yang terdapat di dalam
teks dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam
bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat menjelaskan
prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh,
riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh
guru, siswa dapat mempraktikkan
gerak berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
D. MATERI
- Pengantar pentingnya menjaga kekompakan agar selalu
hidup rukun di sekolah.
- Tentang penerapan sila ketiga Pancasila.
- Teks
cerita tentang hidup rukun.
- Macam-macam gerakan berlari.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah