RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan
sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun
|
3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang
santun.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan makna bilangan
cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan
model konkret serta cara membacanya.
|
3.1.1
Memahami makna bilangan cacah.
3.1.2
Menyebutkan kumpulan objek dengan
bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
|
4.1
|
Membaca dan menyajikan bilangancacah
dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret.
|
4.1.1 membaca lambang bilangan
sampai dengan 999 dengan tepat.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan
dalam teks tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks tentang cerita hidup
rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan
tersebut dalam kalimat yang santun.
- Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai
sila keempat Pancasila di rumah dengan benar.
- Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila
keempat Pancasila di rumah dengan benar.
- Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai
sila kelima Pancasila di rumah dengan benar.
- Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila
kelima Pancasila di rumah dengan benar.
- Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih
dari 100, siswa dapat menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan
satuan bilangan tiga angka dengan
teliti.
- Dengan diberikan lambang bilangan tiga
angka, siswa dapat menuliskan cara membaca bilangan tiga angka dengan
teliti.
D. MATERI
- Teks percakapan hidup rukun yang mengandung ungkapan.
- Penjelasan tentang isi dari sila kelima pancasila.
- Gambar kumpulan kubus.
- Menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan
satuan pada bilangan tiga angka dan mencoba menuliskan cara membaca
bilangan tersebut
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah