RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Tempat
Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam tekscerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun.
|
3.1.1 Menjelaskan kalimat ajakan yang terdapat dalam tekscerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
|
4.1.1 Memperagakan kalimat ajakan dengan bahsa yang santun.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Membandingkan dua
bilangan cacah.
|
3.2.1 Menjelaskan perbandingan yang terdapat pada dua bilangan cacah.
3.2.2 Menyebutkan dua bilangan cacah dengan istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat
|
4.2
|
Mengurutkan
bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau
sebaliknya.
|
4.2.1 Mengerti urutan bilangan-bilangan.
4.2.2 Menyebutkan bilangan cacah dari bilangan yang terkecil ke
bilangan yang terbesar.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
|
3.3.1 Mengidentifikasi gerak
koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan benar.
|
4.3
|
Meragakan gerak keseharian
dan alam dalam tari
|
4.3.1 Melakukan
gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberi contoh gerakan oleh guru,
siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala
dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan oleh guru,
siswa dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai
hitungan dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat membuat teks percakapan yang mengandung kalimat ajakan
yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat memperagakan kalimat ajakan yang terdapat pada teks
percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan
bahasa yang santun.
- Dengan diberikan alat dan bahan serta
langkah membuat kartu bilangan, siswa dapat membandingkan bilangan tiga angka dengan
menggunakan kartu bilangan.
- Dengan diberikan soal latihan, siswa dapat
membubuhkan tanda <, =, atau
> di antara dua bilangan tiga angka dengan tepat.
D. MATERI
- Memperagakan contoh gerakan yaitu gerakan tangan,
kaki, dan gerakan kepala.
- Contoh kalimat-kalimat yang bisa digunakan untuk
percakapan.
- Memberi pengantar cerita mengenai kerukunan untuk
mengaitkan muatan matematika yang akan dipelajari.
- soal-soal perbandingan dua bilangan tiga
angka.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah