RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Tempat
Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan
sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapakan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila
dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-har
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun .
|
3.1.1 Menjelaskan kalimat ajakan yang terdapat dalam tekscerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Memperagakan kalimat ajakan dengan bahsa yang santun.
|
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
|
3.1.1 Menjelaskan prosedur
gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau
tradisional
|
4.1
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.1.1 Mempraktikkan gerakan berlari
ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana
dan atau tradisional
|
C.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali kalimat ajakan dalam teks yag disimaknya berkaitan dengan
sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberi contoh gerakan berlari oleh
guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permaian sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan berlari oleh
guru, siswa dapat mempraktikkan gerak berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain
yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar.
D. MATERI
- Teks percakapan tentang hidup rukun.
- Contoh-contoh gerakan
berlari.
- Penjelasan tentang
nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama pancasila.
- Melengkapi teks cerita tentang hidup rukun yang
memuat pengamalan sila pada Pancasila dengan teliti.
- Memperagakan gerak dasar lokomotor sesuai contoh
yang diberikan guru.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah