(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Tugasku Sehari- hari
(Tema 3)
Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1 Mengetahui
variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3.2
Menujukkan gerakan melempar, memukul, dan melempar bola.
|
4.3
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.3.1 Melakukan gerakan melempar, memukul,dan melempar
bola.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menentukan kosakata dan
konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1 Menjelaskan
kosakata dan konsep yang berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi
sosial, dan budaya di lingkungan sekitar.
|
4.3
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1 Mempresentasikan
penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis.
|
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan
sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan
padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapkan sikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda
Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mencermati gambar permainan kasti dan isi teks serta penjelasan
guru, siswa dapat memahami gerakan melempar, memukul, dan melempar bola dengan cermat.
- Dengan mencermati gambar permainan kasti dan isi teks serta
penjelas an guru, siswa dapat
melakukan gerakan melempar, memukul, dan melempar bola.
- Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
me-mahami isi teks.
- Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
kosakata.
- Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
makna kosakata.
- Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami
perbedaan jenis kelamin di rumah.
- Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengelompok kan jenis kelamin di rumah.
- Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyampaikan perilaku yang sesuai
dengan nilai Pancasila di rumah.
D. MATERI
- Pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan pemahaman tentang kegiatan
olahraga.
- Memahami isi teks.
- Contoh gerakan, melempar,
memukul, dan melempar bola.
- Perilaku yang sesuai
dengan nilai-nilai pancasila.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah