Free RPP Kelas 2 Tema Tugasku Sehari-hari Subtema Tugas di Rumah Rumah ke 2



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :  SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Tugasku Sehari- hari (Tema 3)
Sub Tema                  :  Tugasku Sehari-hari di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
 3.3



 
Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

 3.3.1   Mengetahui variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3.2 Menujukkan gerakan melempar, memukul, dan   melempar bola.
 4.3



Mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1 Melakukan gerakan melempar, memukul,dan melempar bola.


Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.3

Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1 Menjelaskan kosakata dan konsep yang berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di lingkungan sekitar.

 4.3  
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.3.1  Mempresentasikan penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan tentang lingkungan geografis.

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.1

Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1  Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari

3.1  
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
 4.1  
Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.


C.   TUJUAN
  1. Dengan mencermati gambar permainan kasti dan isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan melempar, memukul, dan   melempar bola dengan cermat.
  2. Dengan mencermati gambar permainan kasti dan isi teks serta penjelas  an guru, siswa dapat melakukan gerakan melempar, memukul, dan melempar bola.
  3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat me-mahami isi teks.
  4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan kosakata.
  5. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan makna kosakata.
  6. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami perbedaan jenis kelamin di rumah.
  7. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengelompok  kan jenis kelamin di rumah.
  8. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyampaikan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila di rumah.

D.   MATERI
  1. Pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan pemahaman tentang kegiatan olahraga.
  2. Memahami isi teks.
  3. Contoh gerakan, melempar, memukul, dan melempar bola.
  4. Perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila.


E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/qxvZM

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.