Free RPP Kelas 2 Tema Tugasku Sehari-hari Subtema Tugas di Rumah Rumah ke 3



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :  SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Tugasku Sehari- hari (Tema 3)
Sub Tema                  :  Tugasku Sehari-hari di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.3

Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1  Menjelaskan kosakata dan konsep yang berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di lingkungan sekitar.

 4.3  
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.3.1  Mempresentasikan penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan tentang kehidupan ekonomi.

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.1

Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.1  Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang
negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1  Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
3.1  
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
3.1.1  Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
 4.1  
Menjelaskan hubungan gambar
pada lambang negara dengan 
sila-sila Pancasila.
4.1.1  Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.5 




Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

3.5.1   Menyebutkan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
3.5.2   Mengidentifikasi berbagai macam pecahan mata uang logam.
4.5   
Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
4.5.1   Mengurutkan pecahan mata uang logam.


C.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar kegiatan di pagi hari yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
  2. Dengan mengamati gambar kegiatan di pagi hari yang disajikan, siswa menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
  3. Dengan mengamati gambar kegiatan di pagi hari yang disajikan, siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
  4. Dengan mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan teks yang disajikan, siswa memahami perbedaan pekerjaan antarindividu di rumah.
  5. Dengan mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan teks yang disajikan, siswa mengelompokkan individu di rumah berdasarkan pekerjaannya.
  6. Dengan mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan teks yang disajikan, siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang logam.
  7. Dengan mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan teks yang disajikan, siswa dapat membandingkan nilai pecahan uang logam.
  8. Dengan mengamati gambar kegiatan di pagi hari dan teks yang disajikan, siswa dapat mengurutkan nilai pecahan uang logam.

D.   MATERI
  1. Memahami kehidupan ekonomi di rumah
  2. Memahami dan mengelompokan perbedaan pekerjaan antarindividu di rumah
  3. Menyebutkan, membandingkan dan mengurutkan nilai Pecahan uang logam


E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/XCeNZ

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.