(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Tugasku Sehari- hari
(Tema 3)
Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan
gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan
sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon
beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapkan sikap bekerja sama, disiplin,
dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara
Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar
pada lambang negara
dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada
lambang negara dengan sila-sila
Pancasila.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menentukan kosakata dan
konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1 Menjelaskan kosakata dan konsep yang berkaitan dengan geografis,
kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di lingkungan sekitar.
|
4.3
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan
geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam
bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1 Mempresentasikan
penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5
|
Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata
uang.
|
3.5.1 Menyebutkan
nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
3.5.2 Mengidentifikasi
berbagai macam pecahan mata uang logam.
|
4.5
|
Mengurutkan nilai mata uang serta
mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
|
4.5.1 Mengurutkan
pecahan mata uang logam.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja yang disajikan,
siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
- Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja yang disajikan,
siswa menemukan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di rumah.
- Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja yang disajikan,
siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di
rumah.
- Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang
disajikan, siswa memahami perbedaan pekerjaan antar individu di rumah.
- Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang
disajikan, siswa mengelompokkan individu di rumah berdasarkan
pekerjaannya.
- Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang
disajikan, siswa dapat menyebutkan nilai pecahan uang logam.
- Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang
disajikan, siswa dapat membandingkan nilai pecahan uang logam.
- Dengan mengamati gambar kegiatan membantu belanja dan teks yang
disajikan, siswa dapat mengurutkan nilai pecahan uang logam.
D. MATERI
- Mengamati teks bacaan.
- Macam-macam nilai pecahan
uang.
- Gambar tentang kegiatan
membantu belanja.
- Kosakata yang berkaitan
dengan kegiatan ekonomi di rumah.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah