Free RPP Kelas 2 Tema Tugasku Sehari-hari Subtema Tugas di Rumah Rumah ke 5



(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      :  SD/MI
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Tugasku Sehari- hari (Tema 3)
Sub Tema                  :  Tugasku Sehari-hari di Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.1

Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.1.1  Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1  
Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1 Menerapkan sikap bekerjasama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
3.1  
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

3.1.1  Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
 4.1  
Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.
4.1.1  Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan  sila-sila Pancasila.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.3

Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.3.1  Menjelaskan kosakata dan konsep yang berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di lingkungan sekitar.
 4.3  
Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.3.1  Mempresentasikan penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan tentang budaya permainan kucing-kucingan.

Muatan :PJOK
No
Kompetensi
Indikator
 3.3 



 
Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

 3.3.1 Mengetahui  variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.1  Menunjukkan variasi gerakan menendang dan mengiring bola.
 4.3



Mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3.1  Melakukan gerakan menendang dan mengiring boal.


C.   TUJUAN
  1. Dengan  mencermati gambar permainan kucing-kucingan dan isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami gerakan menendang dan menggiring bola.
  2. Dengan  mencermati gambar permainan kucing-kucingan dan isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat melakukan gerakan menendang dan menggiring bola.
  3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan.
  4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemu-kan kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan.
  5. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemu-kan makna kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan.
  6. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat me  nyebut-kan perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah.
  7. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan pengalaman perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah.

D.   MATERI
  1. Pentingnya olahraga bagi kesehatan.
  2. Perilaku yang sesuai dengan sila-sila pancasila.
  3. Teks penjelasan tentang permainan kucing-kucingan.
  4. Gerakan menendang boal dan mengiring bola.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


http://1safe.link/h8r3N

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.