(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Tugasku Sehari- hari
(Tema 3)
Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di
Rumah ( Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.1
|
Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.1.1 Meyakini hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi
kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
2.1
|
Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila”
dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1 Menerapkan sikap bekerjasama, disiplin, dan peduli sesuai
sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.1
|
Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 Menjelaskan hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
4.1
|
Menjelaskan hubungan
gambar pada lambang negara dengan
sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menyebutkan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menentukan kosakata dan
konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks
tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.3.1 Menjelaskan kosakata dan konsep yang
berkaitan dengan geografis, kehidupan ekonomi sosial, dan budaya di
lingkungan sekitar.
|
4.3
|
Melaporkan penggunaan
kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di
lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
|
4.3.1 Mempresentasikan
penggunaan kosakata bahasa indonesia atau bahasa daerah dari hasil pengamatan
tentang budaya permainan
kucing-kucingan.
|
Muatan :PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Memahami variasi gerak dasar manipulatif sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1
Mengetahui variasi gerak dasar
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.1 Menunjukkan
variasi gerakan menendang dan mengiring bola.
|
4.3
|
Mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
4.3.1 Melakukan gerakan
menendang dan mengiring boal.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mencermati gambar
permainan kucing-kucingan dan isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
memahami gerakan menendang dan menggiring bola.
- Dengan mencermati gambar
permainan kucing-kucingan dan isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
melakukan gerakan menendang dan menggiring bola.
- Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami
isi teks berkaitan dengan permainan kucing-kucingan.
- Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
menemu-kan kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan.
- Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat
menemu-kan makna kosakata berkaitan dengan permainan kucing-kucingan.
- Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat me nyebut-kan perilaku yang sesuai sila
kedua Pancasila di rumah.
- Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan pengalaman perilaku
yang sesuai sila kedua Pancasila di rumah.
D. MATERI
- Pentingnya olahraga bagi
kesehatan.
- Perilaku yang sesuai
dengan sila-sila pancasila.
- Teks penjelasan tentang
permainan kucing-kucingan.
- Gerakan menendang boal dan
mengiring bola.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah