( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan :PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.1 Menjelaskan
gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
4.1
Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan
satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
Muatan : SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Mengenal elemen musik melalui lagu
|
3.2.1
Mengidentifikasi elemen
musik melalui lagu
|
4.2
Menirukan elemen musik
melalui lagu
|
4.2
Mempraktekan elemen musik
melalui lagu
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3 Menguraikan
lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah
|
3.3.1
Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku
dan teman baru
|
4.3
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
4.3.1
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
C.
TUJUAN
1. Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan
berjalan lurus ke satu arah dengan benar.
2. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat
mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.
3. Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama
nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.
4. Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi suara teman.
D. MATERI
- Bernyanyi Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
- Bergerak Bersama Teman
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah