( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema
1)
Sub Tema : Aku dan Teman
Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Menjelaskan bilangan
sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan
kumpulan benda konkret serta cara membacanya
|
3.2.1
Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10
|
4.2
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
|
4.2.1
Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap
|
Muatan : Bahasa
Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3 Menguraikan
lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah
|
3.3.1
Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku
dan teman baru
|
4.3
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
4.3.1
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
C. TUJUAN
1.
Dengan bermain kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1
sampai dengan 10.
2.
Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan
1 sampai dengan 10.
3.
Dengan bermain kartu huruf, siswa dapat megidentifikasi dan melafalkan
huruf konsonan yang hilang dari nama temannya.
D. MATERI
1. Bermain Kartu Bilangan 1- 10.
2. Bermain Kartu Huruf Konsonan.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example