( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema
1)
Sub Tema : Aku dan Teman
Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
Menjelaskan
makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan
objek
|
3.1.1
Membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda
konkret
|
4.1
Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan
banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
|
4.1.1
Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai
dengan 10)
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3. Menguaikan lambang bunyi vokal dan
konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
|
3.3.1
Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan
teman baru
|
4.3
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
4.3.1
Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan aku dan teman
baru
|
Muatan : PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
1.2.1
Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2.2.1
Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1 Menggali informasi
hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.1 Mempraktekan
hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
C. TUJUAN
1.
Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu
“a-b-c” dengan benar.
2.
Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa dapat memasangkan kartu nama teman
sesuai orangnya dengan tepat.
3.
Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat mencari dan menyebutkan huruf
vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.
4.
Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat membilang secara urut
bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret.
5.
Dengan melakukan permainan siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan
bilangan 1 sampai dengan 10.
D. MATERI
1. Menyanyikan lagu “a-b-c”.
2. Memasangkan kartu nama.
3. Mencari dan menyebutkan huruf vokal ( a, i, u, e, o).
4. Mengurutkan bilangan 1- 10.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah