RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Tema : Diriku (Tema
1)
Sub Tema : Aku dan Teman
Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Menjelaskan bilangan
sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan
kumpulan benda konkret serta cara membacanya
|
3.2.1
Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10
|
4.2
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
|
4.2.1
Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap
|
Muatan : Bahasa
Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3 Menguraikan
lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah
|
3.3.1
Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku
dan teman baru
|
4.3
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
4.3.1
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
Muatan : PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
1.2.1
Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
|
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2.2.1
Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1 Menggali
informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.1 Mempraktekan
hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
C. TUJUAN
- Dengan bermain kartu huruf
dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
- Setelah bermain kartu
huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama,
baik itu huruf vokal maupun konsonan.
- Dengan bercerita, siswa
dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan
menyusunnya menjadi kalimat.
- Dengan bercerita, siswa
dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.
- Dengan belajar dan
berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
- Dengan berdoa sebelum
melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.
D. MATERI
·
Mengenal
Huruf Vokal dan Konsonan sambil Bermain Bersama Teman
·
Belajar dan
Berlatih Membilang Benda dan Lambang Bilangan
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah