Free RPP Kelas I Tema Diriku Subtema Aku dan Teman Baru Pembelajaran ke 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) 


Satuan Pendidikan                  :
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                               :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke                     :  6
Alokasi waktu                          :  1 Hari



A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR

Muatan : Matematika

Kompetensi
Indikator
3.2          Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya

3.2.1  Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10
4.2  Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
4.2.1  Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap


Muatan : Bahasa Indonesia

Kompetensi
Indikator
3.3  Menguraikan lambang bunyi  vokal dan konsonan  dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
3.3.1  Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru

4.3  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3.1  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah


Muatan : PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.2.1  Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2  Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2.1  Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1  Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1  Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah


C.   TUJUAN
  1. Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
  2. Setelah bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik itu huruf vokal maupun konsonan.
  3. Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.
  4. Dengan bercerita, siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.
  5. Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
  6. Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.


D.   MATERI
·         Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan sambil Bermain Bersama Teman
·         Belajar dan Berlatih Membilang Benda dan Lambang Bilangan


E.    PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/Nnkob

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.