RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema
1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub
Tema 2 )
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
1.2.1
Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2.2.1 Menjalankan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1 Menggali
informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.1 Mempraktekan
hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
Muatan : SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3 Mengenal
gerak anggota tubuh melalui tari
|
3.3.1
Mengidentifikasi
gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
|
4.3. Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
|
4.3.1 Mempraktekan gerak anggota tubuh melalui
tari.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4 Menentukan
kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks
pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan
eksplorasi lingkungan
|
3.4.1 Mengidentifikasi
gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
|
4.4 Menyampaikan
penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera
serta perawatannya menggunakan
kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau
tulis
|
4.4.1
Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa
lisan atau tulisan
|
C. TUJUAN
1.
Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
2.
Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama
bagian-bagian tubuh.
3.
Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
4.
Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang
menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.
5.
Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan memasangkan
bagian-bagian tubuh dengan namanya.
6.
Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di
rumah.
D. MATERI
- Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
- Gerak anggota tubuh melalui tari
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example