Free RPP Kelas I Tema Diriku Subtema Tubuhku Pembelajaran ke 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )



Satuan Pendidikan                 
Kelas / Semester                    :  1 /1
Tema                                       :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                               :  Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                     :  1
Alokasi waktu                          :  1 Hari



A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR

Muatan : PPKn

Kompetensi
Indikator
1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.2.1  Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2  Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2.1  Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam  kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1  Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2  Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1  Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah

Muatan : SBdP

Kompetensi
Indikator
3.3  Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari
3.3.1      Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian

4.3. Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3.1 Mempraktekan gerak anggota tubuh melalui tari.

     Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
Indikator
3.4  Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan
3.4.1  Mengidentifikasi gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
4.4  Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya  menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis
4.4.1  Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan


C.   TUJUAN
1.    Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
2.    Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama bagian-bagian tubuh.
3.    Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
4.    Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.
5.    Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya.
6.    Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di
rumah.

D.   MATERI
  • Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
  • Gerak anggota tubuh melalui tari

E.    PENDEKATAN & METODE
 Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example 
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

http://1safe.link/rIKJo

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.