( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta
perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana,
dan atau syair lagu)
|
3.4.1
Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
|
4.4 Menjelaskan
dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta
perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulisan.
|
4.4.1
Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa
lisan atau tulisan.
|
Muatan : PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.8
Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh
disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
|
3.8.1
Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh
|
4.8 Menceritakan
bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang
lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
|
4.8.1
Menceritakan guna bagian-bagian tubuh.
|
C.
TUJUAN
- Dengan bermain “Guru Berkata”, siswa dapat menunjukkan anggota tubuhnya.
- Dengan berkumpul bersama teman, siswa dapat menceritakan guna bagian-bagain tubuh.
- Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dan kegunaannya.
- Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang panca indera.
- Dengan berlatih, siswa dapat menjodohkan gambar panca indera dan bacaannya..
D.
MATERI
- Mengenal Nama-Nama Anggota Tubuh Sambil Bermain.
- Mengenal Panca Indera.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example