RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
1.2.1
Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2.2.1
Menjalankan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2
Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1 Menggali
informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
4.2
Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.1 Mempraktekan
hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Menjelaskan
bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan
menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
|
3.2.1
Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai dengan 10
|
4.2
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak
anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
|
4.2.1 Menuliskann
bilangan (1 sampai dengan 10) sesuai dengan banyak anggota kumpulan objek
yang diberikan
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3 Menguraikan
lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah
|
3.3.1
Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang
terkait dengan tubuhku
|
4.3
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
4.3.1
Menggunakan huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dalam
kalimat yang terkait dengan dengan tubuhku
|
C. TUJUAN
1. Dengan membaca nyaring, siswa dapat melafalkan
huruf vokal dan konsonan.
2. Setelah membaca nyaring, siswa dapat membaca kata
tentang anggota tubuh.
3. Dengan berlatih, siswa dapat menulis lambang
bilangan sesuai nama dan banyaknya kumpulan objek yang diberikan.
4. Dengan berolahraga secara teratur, siswa dapat
menjaga kesehatan tubuhnya.
D. MATERI
·
Melafalkan Huruf Vokal
dan Konsonan.
·
Menulis Lambang Bilangan
·
Menjaga Kesehatan Tubuh
Dengan Olahraga Secara Teratur
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example