RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
Menjelaskan bilangan
sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan
kumpulan benda konkret serta cara membacanya
|
3.2.1 Membaca nama bilangan 1 sampai dengan 10
|
4.2
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota
suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
|
4.2.1
Menulis lambang bilangan 1 sampai dengan 10 secara lengkap
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
Menguraikan lambang bunyi vokal
dan konsonan dalam kata bahasa
Indonesia atau bahasa daerah
|
3.3.4
Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan tubuhku
3.3.5
Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan
tubuhku
|
4.3
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
4.3.4
Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan tubuhku
4.3.5
Melafalkan huruf konsonan suatu kata yang terkait dengan tubuhku
|
C. TUJUAN
1. Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa
dapat menyusun huruf-huruf nama anggota tubuh.
2. Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapapt
membaca nama bilangan dari lambang bilangan 1 sampai dengan 10.
3. Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih,
siswa dapat membaca lambang bilangan 1 sampai dengan 10.
D. MATERI
·
Menyusun Huruf Nama
Anggota Tubuh
·
Membaca Lambang Bilangan
1 – 10
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example
Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah